BerandaHits
Selasa, 11 Des 2023 16:00

Lonjakan Kasus Covid-19, Kemenkes Ingatkan Pentingnya Vaksinasi

Kemenkes mengimbau masyarakat untuk melakukan vaksinasi Covid-19. (via Dinkes)

Di beberapa negara ASEAN, kasus Covid-19 kembali meningkat. Karena itu Kemenkes mengimbau untuk vaksinasi.

Inibaru.id - Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu, mengimbau masyarakat agar segera menjalani vaksinasi Covid-19, baik dosis lengkap maupun booster.

Diketahui bahwa kasus Covid-19 kembali meningkat di beberapa negara ASEAN, termasuk Indonesia, dengan pertambahan kasus harian sekitar 35-40 kasus. Jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit per 6 Desember mencapai 60-131 orang, dengan tingkat keterisian rumah sakit sebesar 0.06%, dan angka kematian 0-3 kasus per hari.

Peningkatan ini disebabkan oleh subvarian Omicron XBB 1.5, yang juga menjadi penyebab gelombang infeksi di Eropa dan Amerika Serikat. Di Indonesia, selain varian XBB, telah terdeteksi subvarian EG2 dan EG5.

"Saat ini, kami melihat adanya peningkatan kasus yang cukup signifikan, sehingga kami harapkan seluruh masyarakat segera menjalani vaksinasi, termasuk dosis lengkap dan booster," ujar Dirjen Maxi pada Jumat (8/12/2023).

Dia menekankan bahwa vaksinasi bertujuan untuk meningkatkan antibodi dan memperpanjang perlindungan terhadap keparahan dan kematian akibat Covid-19. Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk nggak menunda-nunda vaksinasi, karena manfaatnya nggak hanya melibatkan perlindungan diri sendiri tetapi juga melibatkan perlindungan bagi orang lain.

"Jangan ditunda-tunda, karena virus ini dapat menyebar dengan cepat dan berpotensi membahayakan keluarga dan orang-orang di sekitar kita," tambahnya.

Gratis

Masyarakat dihimbau untuk menerapkan protokol kesehatan, termasuk menggunakan masker saat sakit. (Grandyos Zafna)

Dirjen Maxi menegaskan bahwa vaksinasi dosis lengkap dan booster dapat diperoleh secara gratis di puskesmas, rumah sakit, atau pos vaksinasi di daerah masing-masing. Prosesnya juga mudah, hanya dengan menunjukkan KTP atau identitas lain kepada petugas vaksinasi.

Dia menyebutkan bahwa vaksin Inavac dan Indovac, produksi dalam negeri, dapat digunakan dan sudah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan POM, menjamin keamanan, mutu, dan efikasi.

Walaupun telah divaksinasi, masyarakat tetap diingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan, termasuk penggunaan masker saat sakit, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun guna memberikan perlindungan maksimal dari penularan Covid-19.

Jika mengalami gejala, seperti demam, batuk, pilek, atau sesak nafas, segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan atau rumah sakit terdekat untuk diagnosis lebih lanjut. Mengingat virus ini sangat berbahaya, vaksinasi nggak boleh kamu abaikan, ya! (Siti Zumrokhatun/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT