BerandaHits
Jumat, 18 Jan 2024 11:20

Hindari Area Mata saat Mengoles Produk Skin Care; Kenapa?

Krim mata merupakan produk perawatan khusus kulit area mata yang tipis dan sensitif. (Istimewa)

Ada area di wajah yang nggak perlu kamu olesi dengan skin care, yaitu sekitar mata. Jika kamu tetap mengolesnya, maka kelopak mata bisa iritasi dan kulit semakin menipis.

Inibaru.id - Saat menjalankan rangkaian skin care dengan tujuan untuk merawat kulit wajah dan menjadikannya lebih sehat dan glowing, ada satu hal yang harus kamu tahu. Apa itu? Ada bagian wajah yang sebenarnya nggak perlu dikenakan skin care yaitu kelopak mata.

Berbeda dengan kulit wajah yang memiliki lapisan kulit tebal, kelopak mata memiliki kulit yang tipis dan lebih sensitif. Jadi, jika memakai krim-krim perawatan wajah, kamu nggak perlu mengoles bagian mata, ya!

Jika hal tersebut tetap kamu lakukan, maka yang terjadi kelopak mata akan tambah menipis, bahkan bisa terlihat pembuluh darah atau urat di sekitar kelopak mata. Nggak hanya itu, kelopak mata juga bisa teriritasi atau bisa luka karena semakin lama semakin menipis.

Biasanya yang menjadi basic pada perawatan kulit wajah adalah moisturizer dan krim malam. Celakanya, banyak orang menganggap penggunaan kedua krim tersebut sudah cukup untuk merawat area mata.

Faktanya, moisturizer atau serum wajah mengandung bahan yang bisa meningkatkan produksi kolagen dan mengandung acid yang bisa membuat mata jadi iritasi. Sementara krim malam biasanya mengandung retinol, retinoid, peptida, vitamin C yang jika diaplikasikan di sekitar mata menyebabkan hiperpigmentasi atau kulit tampak gelap.

Krim Khusus Mata

Area sekitar mata bisa menggelap jika terus-terusan mengoleskan skin care ke area tersebut. (Shutterstock/Vladimir Gjorgiev)

Karena memiliki struktur kulit yang berbeda, sekarang banyak perusahaan produk kecantikan mendesain khusus krim atau serum untuk mata sesuai anatomi dan sifat kulit area mata. Jika kamu mendambakan wajah sehat dan glowing keseluruhan, maka masukkan krim mata pada rutinitas skin care-mu. Sebab, krim mata mengandung bahan yang berguna untuk menghidrasi kulit area mata yang sensitif.

Namun, sebelum memakainya, tentukan dulu krim mata dengan opsi teraman, seperti krim mata yang bebas pewangi buatan dan hypollergenic karena tepat digunakan pada area mata dengan jaringan kulit yang tipis. Krim dengan kandungan wewawangian berisiko menyebabkan iritasi atau alergi di sekitar area mata.

Penting juga memilih krim mata sesuai dengan jenis kulit. Jika kulitmu kering, pilihlah krim mata yang bertekstur kental dan mengandung lebih banyak pelembap agar kulit tetap terhidrasi. Untuk kulit wajah berminyak, kamu disarankan untuk menggunakan krim mata tanpa pewangi yang berbahan dasar air atau nggak mengandung minyak. Sementara itu, bagi kamu pemilik kulit sensitif, pilihlah produk krim mata dengan label "hypoallergenic".

Nah, mulai sekarang, jangan oleskan krim moisturizer dan krim malammu sampai ke area mata, ya! Untuk area mata, belilah krim khususnya agar upaya perawatan kulit wajahmu menjadi maksimal. (Siti Khatijah/E07)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT

KPU Jateng Fasilitasi Debat Cagub-Cawagub Tiga Kali di Semarang

4 Okt 2024

Masih Berdiri, Begini Keindahan Bekas Kantor Onderdistrict Rongkop Peninggalan Zaman Belanda

4 Okt 2024

Gen Z Cantumkan Tagar DESPERATE di LinkedIn, Ekspresikan Keputusasaan

4 Okt 2024

Sekarang, Video Call di WhatsApp Bisa Pakai Filter dan Latar Belakang!

4 Okt 2024

Mengapa Banyak Anak Muda Indonesia Terjerat Pinjol?

4 Okt 2024

Ini Waktu Terbaik untuk Memakai Parfum

4 Okt 2024

Wisata Alam di Pati, Hutan Pinus Gunungsari: Fasilitas dan Rencana Pengembangan

4 Okt 2024

KAI Daop 4 Semarang Pastikan Petugas Operasional Bebas Narkoba Lewat Tes Urine

4 Okt 2024

Indahnya Pemandangan Atas Awan Kabupaten Semarang di Goa Rong View

5 Okt 2024

Gelar HC Raffi Ahmad Terancam Nggak Diakui, Dirjen Dikti: Kampusnya Ilegal

5 Okt 2024

Kisah Pagar Perumahan di London yang Dulunya adalah Tandu Masa Perang Dunia

5 Okt 2024

Penghargaan Gelar Doktor Honoris Causa, Pengakuan atas Kontribusi Luar Biasa

5 Okt 2024

Ekonom Beberkan Tanda-Tanda Kondisi Ekonomi Indonesia Sedang Nggak Baik

5 Okt 2024

Tembakau Kambangan dan Tingwe Gambang Sutra di Kudus

5 Okt 2024

Peparnas XVII Solo Raya Dibuka Besok, Tiket Sudah Habis Diserbu dalam 24 Jam

5 Okt 2024

Pantura Masih Pancaroba, Akhir Oktober Hujan, Masyarakat Diminta Jaga Kesehatan

6 Okt 2024

Pasrah Melihat Masa Depan, Gen Z dan Milenial Lebih Memilih Doom Spending

6 Okt 2024

Menikmati Keseruan Susur Gua Pancur Pati

6 Okt 2024

Menilik Tempat Produksi Blangkon di Gunungkidul

6 Okt 2024

Hanya Menerima 10 Pengunjung Per Hari, Begini Uniknya Warung Tepi Kota Sleman

6 Okt 2024