Perlukah Punya Kulkas Khusus Skin Care?

Perlukah Punya Kulkas Khusus Skin Care?
Ada anggapan produk skin care harus disimpan di kulkas khusus biar awet. (Ist via Okezone)

Ada klaim yang mengatakan menyimpan produk skin care di dalam kulkas bisa membuatnya lebih tahan lama. Benarkah?

Inibaru.id – Ada sebuah klaim yang mengatakan kalau produk skin care bakal lebih maksimal manfaatnya jika disimpan di dalam kulkas khusus skin care. Katanya, skin care juga lebih awet terutama produk dengan kandungan vitamin C.

Tampaknya banyak yang cukup tergiur dengan klaim ini sehingga kulkas berukuran mini ini laris manis. Ditambah lagi, banyak beauty vlogger yang merekomendasikan benda ini.

Selain menyimpan di kulkas khusus skin care, kulkas biasa juga bisa menjadi pilihan. Tapi, haruskah menyimpan skin care disimpan di dalam kulkas?

Penasaran? Yuk simak ulasan di bawah ini!

Kulkas skin care cocok buat kamu yang suka dingin

Suhu yang rendah bisa membuat produk skin care kamu dingin. Dilansir Cleveland Clinic, sensasi menyegarkan pada kulit wajah bakal kamu rasakan ketika produk itu diaplikasikan. Ini juga berlaku pada skin care jika disimpan dalam kulkas biasa.

Beberapa produk kecantikan yang bisa kamu letakkan di dalam kulkas adalah gel aloe vera, sheet mask, dan facial mist.

“Mengaplikasikan sesuatu yang dingin di wajahmu bisa terasa sangat menyenangkan, terutama di hari yang panas. Jika kulitmu teriritasi, masker yang menenangkan akan terasa nyaman, dan aloe vera yang disimpan di kulkas dapat menenangkan kulit terbakar,” ujar dermatolog asal Ohio, Melissa Piliang, MD.

Lalu, haruskah menyimpan produk di kulkas khusus? Kalau kata Melissa, hal tersebut nggak harus dilakukan, kok.

Kulkas nggak bikin kualitas skin care kamu lebih baik

Kulkas skin care nggak lantas membuat produk lebih baik. (Unsplash/Pressfoto via Tempo)
Kulkas skin care nggak lantas membuat produk lebih baik. (Unsplash/Pressfoto via Tempo)

Menurut Melissa, secara umum, penyimpanan skin care dalam kulkas nggak mengubah kandungan pada produk. Menyimpan produk di dalam kulkas hanya menciptakan sensasi dingin ketika produk diaplikasikan.

Kulkas skin care nggak selalu memperpanjang umur simpan produk

Adapun klaim yang sering digebar-gemborkan yaitu kulkas bisa memperpanjang umur simpan produk ternyata nggak selalu benar. Asal kamu tahu, produsen sudah memastikan produk dan kandungannya bisa bertahan di berbagai suhu melalui uji klinis.

Tapi, menurut Mind Body Green, menyimpan di kulkas bisa sedikit memperpanjang umur simpan beberapa produk skin care yang sensitif pada cahaya, suhu, dan udara.

Vitamin C misalnya, salah satu kandungan skin care yang cukup nggak stabil. Ketika terpapar cahaya atau udara berlebih, vitamin C dapat teroksidasi. Karena itu, penyimpanan di kulkas khusus bisa membantu kandungannya lebih tahan lama.

Kulkas skin care bikin sejumlah produk lebih susah diaplikasikan

Eh, tahu nggak kalau sejumlah produk justru jauh lebih baik jika disimpan di suhu ruangan? Beberapa di antaranya facial oils, masker clay, produk skin care mengandung clay, dan moisturizer. Jadi, suhu dingin bisa membuat produk tersebut lebih sulit untuk diaplikasikan ke kulit karena teksturnya berubah.

Nah, kalau kamu menyukai produk skin care yang dingin, beberapa produk bisa kamu simpan seperti serum vitamin C, eye cream, face mist, sheet mask, gel aloe vera, toner, essence, atau alat pijat seperti gua sha.

Itu dia penjelasan seputar penyimpanan produk skin care di kulkas khusus. Kalau kamu pilih menyimpan skin care di kulkas atau nggak, Millens? (Siti Zumrokhatun/E07)