BerandaHits
Sabtu, 5 Apr 2024 18:00

Gerbang Tol Kalikangkung Mulai Dipadati Pemudik

Sejumlah kendaraan roda empat sedang melintas di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang. (Inibaru.id/ Fitroh Nurikhsan)

Arus mudik tahun 2024 sudah mulai bergeliat, puluhan ribu kendaraan roda empat dari arah Jakarta sudah masuk ke Semarang melewati Gerbang Tol Kalikangkung.

Inibaru.id - Menjelang H-5 Lebaran Idulfitri 2024, Gerbang Tol (GT) Kalikangkung sudah mulai dipadati pemudik. Kendaraan roda empat yang berasal dari arah barat atau Jakarta ke Semarang per hari ini mencapai 50 ribuan.

Oya, aktivitas mudik sudah lazim dilakukan masyarakat Indonesia untuk merayakan hari kemenangan bersama keluarga di kampung halaman. Jalur darat salah satu akses yang sering dilalui pemudik.

Berdasarkan data yang dirilis Polrestabes Semarang, per hari Kamis (4/4/24) pagi sampai Jumat (5/4/24) pukul 06.00 WIB, kendaraan yang telah melintas di GT Kalikangkung mencapai 51.672.

"Rinciannya kendaraan yang masuk dari arah Semarang ke Jakarta 18.761. Sedangkan kendaraan yang masuk dari arah Jakarta ke Semarang sebesar 32.911," kata Kepala Pos Terpadu GT Kalikangkung, AKP Sujid Riyanto.

Pembatasan Waktu Istirahat

Kendaraan roda empat dari arah Jakarta sedang mengantri masuk Gerbang Tol Kalikangkung Semarang. (Inibaru.id/ Fitroh Nurikhsan)

Selama arus mudik lebaran 2024, pihak Jasa Marga memberlakukan aturan ketat terkait pembatasan waktu istirahat di rest area bagi pemudik yang melintasi Jalan Tol Semarang-Batang. Hal ini bertujuan untuk menekan penumpukkan kendaraan di titik-titik rest area.

Direktur Utama Jasa Marga, Nasrullah mengatakan batas waktu para pemudik beristirahat tidak lebih dari 30 menit. Pasalnya dia memprediksi arus mudik tahun ini naik signifikan.

"Maka perlu dilakukan pembatasan waktu. Di setiap rest area akan kami umumkan agar pengunjung tidak berlama-lama saat beristirahat," ucap Nasrullah.

Jika terjadi kepadatan di salah satu rest area tertentu, pihaknya sudah bekerja sama dengan jajaran kepolisian untuk mengarahkan pemudik ke rest area terdekat lainnya.

Petugas membantu supir menempelkan kartu e-toll. (Inibaru.id/ Fitroh Nurikhsan)

Nasrullah menyebut di sepanjang Jalan Tol Semarang-Batang terdapat empat rest area yang bisa dijangkau pemudik diantaranya di KM 379 arah Semarang, KM 391 arah Semarang, serta arah Jakarta ada KM 389 dan 360.

"Akan kami atur sedemikian rupa supaya kantong-kantong parkir di setiap rest area bisa maksimal penggunaannya," jelasnya.

Kemudian dia memperkirakan puncak arus mudik yang melewati Jalan Tol Semarang-Batang jatuh tanggal 6 April 2024. Maka dari itu, Nasrullah mewanti-wanti pemudik untuk mempersiapkan semuanya dengan baik.

"Pertama, pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan siap. Lalu pastikan bahan bakar kendaraan cukup dan terakhir cek juga saldo e-toll apakah mencukupi atau tidak," tukasnya.

Selain imbauan diatas pastian sebelum mudik kamu harus mencatat jadwal One Way hingga sistem ganjil-genap ya! Selamat mudik, semoga selamat sampai tujuan! (Fitroh Nurikhsan/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT