BerandaHits
Sabtu, 12 Jul 2024 19:13

Bocoran BBM Baru yang Akan Dirilis pada 17 Agustus 2024 Nanti

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengungkap akan ada jenis BBM baru yang dijual pada 17 Agustus 2024. (Esdm)

Kementerian ESDM pastikan pada 17 Agustus 2024 nanti akan ada jenis BBM baru yang diperkenalkan. Kabarnya, BBM tersebut ramah lingkungan sehingga emisi gas buang kendaraan jadi lebih rendah.

Inibaru.id – Menko Perekonomian Airlangga Hartanto memang sudah memastikan jika pembatasan pembelian BBM Subsidi belum dipastikan tanggalnya. Tapi, sepertinya hal tersebut nggak akan lama lagi diterapkan. Apalagi, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif justru mengungkap kalau bakal ada jenis BBM baru yang akan disediakan.

Memang, sejauh ini pemerintah nggak menyebut BBM baru ini sebagai pengganti BBM subsidi yang sekarang berlaku, yaitu Pertalite. Arifin hanya menyebut jenis BBM baru ini lebih ramah lingkungan dari jenis BBM tersebut, Millens.

“Kan sekarang udara kita banyak emisi. Nah kita berusaha mengurangi emisi tersebut. Salah satunya ya dengan menggunakan jenis BBM rendah sulfur yang baru ini,” ungkap Arifin saat memberikan bocoran BBM baru di Kantor Kementerian ESDM Jakarta pada hari ini, Jumat (12/7/2024).

Meski begitu, Arifin juga mengakui jika pemerintah masih mencari bahan tambahan yang bisa menurunkan kandungan sulfur yang bikin emisi gas buang kendaraan yang memakainya jadi lebih rendah.

BBM jenis baru nanti adalah BBM ramah lingkungan rendah sulfur. (Moladin)

“Sekarang kita masih 500 ppm-an (emisi gas buang yang ada di udara). Kalau mengikuti standar Euro 5 harusnya di bawah 5. Kita berusaha menuju itu,” lanjut Arifin.

Di sisi lain, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi memastikan kalau BBM ramah lingkungan yang dimaksud oleh Menteri Arifin Tasrif bakal dirilis pada 17 Agustus 2024. Tapi, bukan berarti langsung tersedia di semua SPBU di seluruh Indonesia. BBM jenis ini akan diperkenalkan terlebih dahulu di beberapa BBM yang sayangnya belum diungkap lokasi-lokasinya.

“Tanggal 17 Agustus nanti itu sebagai awalan saja. Nanti akan tersedia di beberapa SPBU dulu. Yang pasti, produk BBM ini juga tersedia dalam bentuk solar non subsidi,” kata Agus Cahyono.

Hm, jadi produk BBM baru yang bakal disediakan ini adalah BBM rendah sulfur ya. Semoga saja memang benar-benar bisa membuat emisi gas buang kendaraan jadi lebih rendah.

Sayangnya, belum ada kejelasan apakah BBM ramah lingkungan ini apakah akan lebih mahal, lebih murah, atau setidaknya setara harganya dengan BBM subsidi yang sekarang. Kalau menurutmu, gimana, nih? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT