BerandaHits
Senin, 19 Feb 2023 08:54

Auto Disayang Bos, 7 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Meningkatkan produktivitas kerja sangat penting demi kemajuan perusahaan. (unsplash via Liputan6)

Bekerja itu nggak asal selesai. Kamu perlu memastikan bahwa pekerjaanmu berkualitas. Karyawan produktif pasti jauh dari stres dan memiliki jenjang karir menjanjikan karena potensial memajukan perusahaan.

Inibaru.id – Dengan meningkatkan produktivitas kerja, kamu dapat menyelesaikan tugas-tugas dengan lebih efisien dan efektif, sehingga dapat meningkatkan kualitas pekerjaan.

Jangan salah, tugas-tugas yang bisa diselesaikan dengan lebih efisien membawa dampak positif yaitu mengurangi stres dan kecemasan sehingga dapat meningkatkan kepuasan kerja dan kebahagiaan.

Meningkatkan produktivitas kerja juga berarti meningkatkan efisiensi karena bisa menyelesaikan banyak tugas dalam waktu yang sama. Kamu juga bisa memberi kontribusi yang besar bagi kemajuan perusahaan.

Nah, ada beberapa cara yang dapat membantu meningkatkan produktivitasmu di tempat kerja, di antaranya:

1. Tetapkan tujuan yang jelas

Menentukan tujuan yang jelas bisa banget membantu kamu fokus pada tugas-tugas yang penting dan menghindari gangguan yang nggak perlu.

2. Buat jadwal

Membuat jadwal merupakan cara mudah untuk meningkatkan produktivitas. (via rukita)

Meskipun sepele, tapi membuat jadwal dapat membantu kamu mengatur waktu dan menyelesaikan tugas-tugas penting tepat pada waktunya. Pastikan kamu memberikan waktu yang cukup untuk mengerjakan setiap tugas dan menghindari prokrastinasi alias menunda-nunda pekerjaan.

3. Prioritaskan tugas

Tugas harus kamu prioritaskan berdasarkan tingkat kepentingan dan urgensi. Fokuslah pada tugas-tugas yang penting dan selesaikan secepat mungkin. Jangan suka mengerjakan hal nggak penting ya!

4. Hindari gangguan

Selagi kerja, singkirkan dulu gangguan seperti media sosial, email, atau mengobrol yang nggak penting. Semua itu cuma bakal membuang waktumu dan berakibat molornya deadline.

5. Tingkatkan keterampilan

Jangan berpuas diri dengan kemampuanmu saat ini. Tingkatkan keterampilan kamu dalam bidang yang relevan dengan pekerjaan. Penting untuk mempelajari teknik baru, ikuti pelatihan, dan membaca buku-buku tentang topik yang relevan.

6. Istirahat yang cukup

Bekerja keras itu boleh, tapi jangan lupakan istirahat. Hargailah tubuhmu yang sudah kamu ajak berjuang mencari rupiah. Dengan beristirahat yang cukup, produktivitas bisa meningkat dan mengurangi stres. Kamu bisa berjalan-jalan sebentar, minum teh atau kopi, atau sekadar melakukan latihan pernapasan biar lebih segar.

7. Minta bantuan

Jangan ragu atau takut untuk meminta bantuan dari rekan kerja atau atasan jika merasa pekerjaan terlalu terbebani. Cobalah untuk berbicara dengan mereka mengenai cara meningkatkan produktivitas. Pertimbangkan saran atau solusi dari mereka.

Ketika produktivitas yang kamu tunjukkan baik, maka bukan nggak mungkin karirmu di perusahaan bisa menanjak. Mana mungkin si bos bakal mendiamkan karyawan potensial seperti kamu? Betul nggak, Millens? (Siti Zumrokhatun/E07)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT