Terganggu Bau Badan Teman Sekantor, Harus Bagaimana?

Terganggu Bau Badan Teman Sekantor, Harus Bagaimana?
Ilustrasi: teman sekantor bau badan. (Spukkato)

Teman sekantor bau badan dan membuatmu sulit bekerja? Pengin mengritik tapi khawatir membuatnya tersinggung? Lakukan saja hal ini.

Inibaru.id – Merasakan bau badan orang lain bukan hal yang aneh jika kita sedang di transportasi umum seperti bus, kereta, atau angkot. Meski cukup mengganggu, setidaknya hal ini hanya berlangsung sementara. Beda cerita kalau kamu sampai terganggu dengan bau badan dari teman sekantor.

Jika sampai ada rekan kerja yang seperti itu, tentu akan membuatmu sulit bekerja dengan baik. Masalahnya, banyak orang yang nggak sadar kalau dirinya mengalami masalah bau badan. Cara terbaik tentu dengan berkata jujur kepadanya tentang bau badan. Tapi pastinya kamu akan maju mundur melakukannya, kan?

Wajar saja jika kamu merasa sungkan dan nggak enak hati mengkritik bau badan teman. Pasti ada  kekhawatiran si dia bakal tersinggung atau malah kecil hati.  Lantas, harus bagaimana jika ada teman sekantor yang mengalami masalah bau badan dan sudah sangat mengganggu? Kalau menurut CnnIndonesia pada Sabtu (24/8/2015), kita bisa melakukan hal-hal berikut ini kepadanya.

1. Jangan Langsung Memberikan Kritik

Kamu harus berhati-hati saat memberikan kritik ke rekan kerja yang memiliki masalah bau badan. (iStock)
Kamu harus berhati-hati saat memberikan kritik ke rekan kerja yang memiliki masalah bau badan. (iStock)

Meski sudah cukup mengganggu, jangan langsung memberikan kritik frontal kepada orang yang mengalami masalah bau badan. Penulis buku Surviving Dreaded Conversations: How to Talk Trhough Any Difficult Situation at Work bernama Donna Flag menyebut kita harus berhati-hati saat mengkritik tentang bau badan. Bisa jadi, mereka sudah tahu tentang masalah ini namun belum menemukan solusinya.

“Meski begitu, ada baiknya kita mengatakannya dengan lugas tanpa memojokkannya. Bisa jadi dia marah. Jika kamu belum siap menerima kemarahannya, ada baiknya jangan memberikan kritik terlebih dahulu. Hal itu hanya akan berujung pada pertengkaran,” ungkap Donna sebagaimana dilansir dari Jezebel (15/8/2015).

2. Lakukan Empat Mata dan Berikan Solusi

Selain parfum atau deodoran, terkadang bau badan juga disebabkan oleh bahan pakaian. (Kemejaalisanstore)
Selain parfum atau deodoran, terkadang bau badan juga disebabkan oleh bahan pakaian. (Kemejaalisanstore)

Jangan memberikan kritik tentang masalah bau badan rekan kerjamu di depan orang banyak karena hal tersebut hanya akan mempermalukannya. Lakukan saat hanya ada kamu dan dia sehingga dia bisa menerima kritikan tanpa merasa malu.  Setelah itu, berikan sejumlah solusi yang sekiranya bisa membuatnya terbantu mengatasi masalah tersebut.

“Kamu bisa menyarankannya mengganti bahan pakaian dengan yang lebih baik atau memakai parfum,” saran Donna.

3. Dengarkan Masalah yang Dia Alami

Dengarkan penjelasan tentang alasan kenapa dia bisa mengalami masalah bau badan. Setelah itu barulah kamu bisa memberikan jawaban atau solusi atas masalah-masalahnya. Dengan bersikap seperti itu,temanmu pasti akan merasa lebih baik dalam menerima kritik tersebut.

Itulah hal yang perlu kamu lakukan jika menemui rekan kerja dengan bau badan yang mengganggu. Pada intinya, mengkritik boleh saja, asal lakukan dengan sopan ya, Millens! (Arie Widodo/E10)