inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Jurus-Jurus Terjitu agar Tidak Diremehkan Rekan Kerja di Kantor
Selasa, 18 Okt 2022 18:57
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
Bekerja di kantor mengharuskan kamu berhadapan langsung dengan orang di tempat kerja. Butuh trik tertentu agar kamu yang nubie nggak diremehkan oleh teman sekantor. (Shutterstock)

Bekerja di kantor mengharuskan kamu berhadapan langsung dengan orang di tempat kerja. Butuh trik tertentu agar kamu yang nubie nggak diremehkan oleh teman sekantor. (Shutterstock)

Kamu yang baru kali pertama menginjakkan kaki di dunia kerja, perlu banget mengetahui ini agar nggak diremehkan rekan kerja di kantor. Penasaran?

Inibaru.id – Tempat kerja adalah belantara yang sesungguhnya. Yakinlah, status cum laude atau sederet nilai A di ijazah nggak akan banyak membantu saat berada di tempat kerja. Sekali orang melihatmu sebagai sosok yang nggak becus, selamanya rekan kerja akan menganggapmu demikian.

Di kampus mana pun, nggak akan ada mata kuliah kiat-kiat sukses untuk survive di perusahaan atau jurus terjitu agar diterima teman kantor pada hari pertama bekerja. Maka, kamu harus memikirkan sendiri gimana cara terbaik untuk menjelajahi belantara orang-orang berkerah tersebut.

Kamu yang bekerja di sektor informal atau sedikit saja berinteraksi dengan rekan kerja mungkin nggak terlalu memedulikannya. Namun, jika pekerjaan mengharuskanmu berhadapan langsung dengan orang-orang di tempat kerja, memikirkan cara agar kamu nggak dipandang sebelah mata adalah sebuah keniscayaan.

Kamu mungkin berpikir, bersikap baik atau menyapa rekan kerja saban pagi sudah cukup untuk membuat mereka mengapresiasi atau mendudukkanmu setara. Ingatlah, kamu seorang “junior” yang secara alami akan dipandang lebih rendah. Maka, kamu perlu melakukan lebih dari itu.

5 Jurus Terjitu

Menghargai diri sendiri dengan menerima kondisi kita apa adanya adalah langkah awal orang lain menghargai dan nggak meremehkan kita. (Shutterstock)
Menghargai diri sendiri dengan menerima kondisi kita apa adanya adalah langkah awal orang lain menghargai dan nggak meremehkan kita. (Shutterstock)

Di mana pun, seorang nubie bakal selalu diremehkan, termasuk di tempat kerja. Mungkin nggak semua orang akan meremehkanmu, tapi kamu tetap perlu berjaga-jaga. Ada lima jurus terjitu agar kamu nggak diremehkan rekan kerja di kantor. Apa saja?

1. Berpikir sebelum Berbicara

Orang Jawa bilang, ajining diri ono ing lati. Yap, harga diri kita terlihat dari cara kita bicara. Maka, berpikirlah sebelum berbicara. Rekan-rekan kita mungkin akan senang jika kita punya banyak cerita untuk diobrolkan. Namun, mengobral terlalu banyak omongan juga nggak baik.

Dengan berpikir sebelum berbicara, potensi keseleo lidah menjadi lebih kecil, nggak akan dianggap plin-pan, dan obrolan pun jadi lebih berisi. Cara ini akan membuatmu terkesan tegas, elegan, dan tampak bisa dipercaya, sehingga rekan kerja bakal sulit mengabaikanmu.

2. Tepat Waktu

Hack Spirit mengungkapkan, menepati waktu merupakan bentuk menghargai orang lain, selain sikap bertanggung jawab terhadap diri sendiri. Maka, lakukanlah kebiasaan ini, termasuk untuk urusan deadline kerjaan dan jam masuk kantor. Dengan sikap ini, kamu akan terlihat berharga di hadapan siapa pun.

3. Belajar dan Bertanya

Sebagai seorang pemula, pasti ada hal-hal yang nggak kamu ketahui. Maka, bertanya kepada rekan kerja bukanlah hal buruk. Namun, jangan menanyakan hal yang sama berulang-ulang karena kamu akan dianggap nggak memperhatikan.

Kamu bisa mencatat penjelasan yang diberikan rekanmu, lalu mempelajarinya lebih detail dengan mencari referensi dari pelbagai sumber. Dengan begitu, selanjutnya kamu bisa menjadi teman diskusi yang sebanding untuk rekanmu itu. Menarik, bukan?

4. Aktif, tapi Jangan Sok Tahu

Sebagai karyawan baru, kamu mungkin akan berusaha aktif mengerjakan tugasmu, termasuk bertanya, memberi saran, atau nimbrung obrolan rekan kerja. Pada level tertentu, sikap ini diperlukan. Namun, jika berlebihan, kamu justru akan dijauhi karena dianggap sok tahu.

5. Menghargai Diri Sendiri

Jauh sebelum berharap orang lain menghargaimu, kamu harus lebih dulu menghargai diri sendiri. How to Respect Myself menuliskan, cara terbaik untuk menghargai diri sendiri adalah dengan menerima kondisi kita apa adanya, termasuk menerima adanya ketakutan diremehkan rekan kerja.

Perasaan ini akan membuatmu lebih mengenali dirimu sendiri, sehingga kamu tahu gimana cara menempatkan dirimu di kantor.

Laiknya belantara, memang nggak semua rekan kerja bisa menjadi temanmu. Ada yang bisa menjadi sahabat, ada yang sekadar kolega. Di luar itu, tentu saja ada teman-teman toksik pengidap superiority complex yang memang sebaiknya kamu hindari. (Siti Khatijah/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved