BerandaCOVID 19
Kamis, 30 Jun 2021 19:00

Meningkatkan Imunitas; Buah dan Sayur yang Baik untuk Pasien Covid-19

Beberapa jenis buah dan sayur sebaiknya dikonsumsi pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, beberapa jenis buah dan sayur sebaiknya dikonsumsi pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi. Yuk, simak apa saja.

Inibaru.id – Sudah menjadi keharusan bagi kita untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh saat masa pandemi Covid-19. Salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan konsumsi makanan bergizi.

Nah, pada orang yang dinyatakan positif Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri, ada beberapa asupan makanan yang sebaiknya banyak dikonsumsi. Makanan-makanan ini dapat membantu proses penyembuhan.

Dokter spesialis gizi Tatik Bardosono menyarankan pasien Covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri banyak mengonsumsi sayuran berwarna oranye dan hijau tua. Sayuran-sayuran ini mengandung banyak vitamin dan mineral.

"Perbanyak konsumsi sayuran berwarna oranye dan hijau tua, kaya kandungan vitamin A, C, dan E," kata Tatik.

Beberapa contoh jenis sayuran yang berwarna oranye di antaranya wortel dan labu. Sayuran berwarna segar ini mengandung banyak antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan metabolisme tubuh, lo.

Selain membantu menjaga kesehatan, sayuran berwarna oranye juga mengandung vitamin A yang baik untuk sistem penglihatan sekaligus menjaga daya tahan tubuh.

Sementara itu, jenis sayur yang berwarna hijau yang baik dikonsumsi adalah bayam, kangkung, kale, kubis, pakcoy, brokoli, dan banyak lainnya. Sama seperti sayuran berwarna oranye, sayuran hijau juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Jangan Dimasak Terlalu Lama

Jangan masak bayam lebih dari 2 menit ya agar gizinya nggak hilang. (Freepik)

Nah, agar sayuran tetap baik dikonsumsi, sebaiknya nggak melalui banyak proses. Hal ini karena proses memasak dapat mengurangi kandungan gizi dalam makanan.

"Sayuran itu makin minimal proses memasaknya, makin baik, karena kandungan zat gizinya tidak banyak yang hilang," ucap Tatik.

Berbagai proses memasak seperti merebus, menumis, atau mengukus, dapat menguapkan zat gizi yang ada pada sayuran. Kamu juga harus paham bahwa vitamin dan mineral dapat menguap dengan mudah pada suhu panas tertentu.

Jika kamu pengin mengolah sayuran, sebaiknya nggak memasaknya di kompor dalam waktu yang lama. Untuk mengolah bayam dan sawi hijau, jangan merebusnya lebih dari dua menit ya.

Selain sayuran, buah-buahan juga penting untuk dikonsumsi pasien Covid-19. Vitamin C yang terkandung di dalam buah dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

"Untuk konsumsi buah-buahan, buah yang kaya akan kandungan vitamin C disarankan," kata Tatik.

Tatik mengatakan, buah yang kaya akan kandungan vitamin C termasuk dalam golongan citrus dengan rasa asam yang segar. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi jeruk, lemon, jeruk nipis, grapefruit, dan clementine atau jeruk mandarin.

Sementara, menurut dokter spesialis penyakit dalam, Sharifah Shakinah, vitamin C termasuk dalam salah satu terapi pasien Covid-19 yang diharapkan bisa memberikan manfaat.

"Vitamin C adalah vitamin larut air yang berfungsi sebagai antioksidan dan memiliki efek positif terhadap perbaikan luka, metabolisme, dan perbaikan imun," kata Sharifa. Eits, selain buah dan sayur, pasien Covid-19 juga membutuhkan asupan gizi lain dari protein hewani, kacang-kacangan, dan jangan lupa air mineral yang cukup.

Karena mengandung manfaat yang baik, coba deh tambahkan sayur dan buah pada menu sehat harianmu, Millens. (CNN/IB21)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT