BerandaAdventurial
Selasa, 7 Okt 2024 13:00

Lima Negara Asia yang Jadi Tujuan Wisata Kuliner

Makanan ringan khas Korea yang dijual di pinggir jalan menjadi magnet bagi wisatawan luar negeri. (Medium/Sidechef)

Jika ingin berwisata kuliner keluar negeri, maka kamu bisa mengunjungi salah satu dari negera berikut. Lima negera ini adalah destinasi populer di mata para pelancong terutama yang memburu makanan-makanan lezat.

Inibaru.id - Salah satu yang jadi magnet bagi sebuah negara untuk menarik wisatawan adalah makanannya. Ada banyak orang yang memutuskan traveling keluar negeri lantaran ingin berwisata kuliner. Indonesia misalnya, memiliki menu rendang yang popularitasnya sudah diakui oleh banyak orang sehingga wisatawan datang untuk bisa menikmatinya.

Sayangnya, meski ada rendang dan beragam masakan khas lainnya, Indonesia masih belum menjadi negara yang jadi tujuan wisata kuliner populer di Asia. Hal itu terungkap dari riset yang dilakukan oleh platform Agoda, sebuah perusahaan internet yang menyediakan layanan reservasi hotel berfokus di kawasan Asia Pasifik.

Wakil Presiden Senior Suplai Agoda Andrew Smith mengatakan, makanan adalah pengalaman budaya. Beberapa wisatawan sangat menyukai makanan sehingga mereka sudah memesan kursi di restoran sebelum memesan tiket pesawat.

"Data survei kami dengan jelas menunjukkan bahwa wisatawan mencari destinasi tempat mereka dapat menikmati kuliner dan tradisi lokal daripada sekadar bertamasya," kata Smith dalam sebuah pernyataan resmi di laman PR Newswire.

Jika Indonesia nggak jadi salah satu yang favorit, lalu negara mana yang sering dijadikan tujuan wisata kuliner? Berikut lima destinasi wisata kuliner teratas di Asia berdasar survei Agoda dengan lebih dari 4 ribu responden

1. Korea Selatan

Sekitar 64 persen responden mengaku berkunjung ke Korea Selatan karena makanannya. Popularitas kuliner Negeri Ginseng didukung oleh drama Korea dan film yang kerap menampilkan pengalaman kuliner yang unik.

Di Pulau Jeju misalnya, kita bisa menikmati hidangan laut segar dan heuk dwaeji (babi hitam) yang meleleh di mulut. Pecinta kuliner juga wajib mencoba ganjang gejang, yakni kepiting mentah yang dimarinasi bumbu kecap asin. Sementara untuk camilan tteokbokki dan bindaetteok, kamu bisa berburu di pasar tradisional Gwangjang di Seoul.

2. Taiwan

Sebanyak 62 persen responden menyukai kuliner Taiwan baik yang bernuansa tradisi kuno atau pun modern. Pasar malam legendaris Taipe seperti Shilin dan Raohe adalah tempat kunjungan wajib bagi yang suka icip-icip makanan. Di sana terdapat tahu busuk sampai bubble tea yang mendunia.

Sementara di Tainan, kita bisa mencicipi hidangan tradisional seperti mi danzai dan sup bandeng. Ingin minum teh, coba nikmati teh oolong Alishan yang nikmat.

3. Thailand

Chiang Mai adalah kawasan yang menawarkan kuliner-kuliner lezat. (Mychiangmaitravel)

Sebanyak 55 persen responden memilih Thailand sebagai surganya street food. Warung makanan Yaowarat alias Pecinan Bangkok jadi tempat hidangan istimewa seperti perut babi renyah, pad thai, omelet tiram, dan mango sticky rice.

Di Chiang Mai, kita wajib menyicip khao soi atau mi beras yang dipotong pendek-pendek. Sementara di selatan ada kanom jeen, yakni hidangan mi beras fermentasi yang disajikan dengan berbagai kari pedas.

4. Jepang

Jepang menawarkan berbagai makanan mulai dari makanan ringan di bar izakaya sampai hidangan kaiseki yang lengkap. Nggak heran 52 persen responden memilih Jepang untuk urusan makanan.

Di Tokyo, Pasar Luar Tsukiji adalah tempat yang tepat untuk menikmati sushi dan sashimi segar. Untuk area populer seperti Shinjuku dan Ginza, ada takoyaki dan yakitori (sate ayam panggang).

Jika suka boga bahari, wajib bertandang ke Otaru di Hokkaido untuk menikmati kepiting, uni (landak laut) dan donburi berisi makanan laut segar. Sedangkan bagi penyuka ramen, Tenjin di Fukuoka jadi tempat yang tepat untuk menyicip tonkotsu alias ramen dengan kaldu babi yang kental.

5. Malaysia

Sebanyak 49 persen responden menyukai Malaysia karena menawarkan hidangan multikultur. Kuala Lumpur menyajikan nasi lemak dalam berbagai varian seperti nasi lemak bungkus (nasi yang dibungkus dengan santan, sambal dan berbagai topping) dan nasi lemak ayam goreng berempah yang pedas.

Wilayah Penang memanjakan wisatawan dengan makanan kaki lima klasik seperti char kway teow (mi beras tumis), hokkien mee (sup mi gurih), dan cendol. Di Kota Kinabalu, Malaysia Timur terdapat hinava (salad ikan mentah) dan tuaran mee (mi telur dengan berbagai topping).

Nggak hanya itu, Kuching terkenal dengan manok pansoh, yakni hidangan tradisional Iban berupa ayam yang diberi rempah dan dimasak dalam bambu.

Wah, makanan khas dari negara-negara tersebut memang menggiurkan, ya? Tapi, kuliner dari Indonesia juga nggak kalah enak, kok. Hm, menurut kamu, apa yang seharusnya dilakukan pemerintah kita untuk bisa menjadikan Indonesia sebagai destinasi favorit wisatawan? (Siti Khatijah/E07)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT