BerandaAdventurial
Senin, 8 Sep 2024 15:00

Indahnya Pemandangan Alami di Telaga Claket Wonogiri

Telaga Claket Wonogiri yang menawarkan pemandangaan cantik. (Jatengprov)

Pemandangan Telaga Claket Wonogiri mengingatkanmu pada pemandangan alam cantik di danau-danau yang ada di Swiss!

Inibaru.id – Kamu pengin menikmati pemandangan alam danau-danau kecil seperti yang bisa kamu biasa lihat di Swiss? Nggak perlu jauh-jauh ke sana, kok. Kamu bisa lo melihatnya di Telaga Claket Wonogiri.

Lokasi Telaga Claket ada di Desa Sendangijo, Kecamatan Selogiri. Kalau dari Alun-alun Giri Krida Bakti, jaraknya sekitar 9,6 kilometer ke arah barat laut. Akses jalan ke sana bisa dikatakan sudah cukup memadai kok.

O ya, lokasi telaga ini bersebelahan langsung dengan Bukit Widodaren yang dikenal masih hijau dan alami. Kebetulan pula, dari Telaga Claket ada jalan setapak dengan kontur naik ke puncak bukit tersebut. Jadi, selain bermain di sisi telaga, kamu juga bisa lo naik ke bukit dengan ketinggian sekitar 200 meter tersebut untuk mendapatkan pemandangan telaga dari atas yang cukup menarik.

Kalau kamu datang di musim yang tepat, bisa lo melihat bunga-bunga bermekaran yang memang ditanam di tepi danau. Hal ini tentu membuatmu nggak hanya bisa melihat pemandangan alam nan hijau, melainkan juga warna-warni bunga yang meriah. Ditambah dengan suhu udara di telaga yang cukup sejuk. Dijamin deh kamu bakal betah berlama-lama di sana.

Di Telaga Claket, kamu juga bisa menemukan sejumlah gazebo yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat atau bersantai sembari menikmati keindahan alam. Hm, sudah kebayang kan ya lokasi ini memang cocok untuk dijadikan tempat piknik?

Telaga Claket cocok untuk dijadikan tempat piknik. (Jatengprov)

“Telaga Claket baru benar-benar dikelola dengan serius sejak 2007. Sejak itu, jumlah pengunjung terus naik. Kini setiap akhir pekan, setidaknya ada 80-an orang yang datang. Selain dari Wonogiri, ada juga yang datang dari luar kota seperti Yogyakarta atau Salatiga,” ungkap salah seorang pengelola tempat wisata tersebut Nano Cahyono sebagaimana dinukil dari Jatengprov.

Selain pemandangannya yang indah, alasan lain yang bikin tempat ini terus didatangi pengunjung adalah karena harga tiket masuknya yang murah, yaitu hanya Rp10 ribu saja per orang. Bahkan, kalau kamu pengin menyewa perahu untuk dipakai mengaruhi telaga, juga hanya perlu merogoh Rp20 ribu per orang.

“Awalnya iseng saja pengin ke sini. Ternyata pemandangannya bagus, cuacanya juga sejuk. Cocok buat piknik anak muda,” kata salah seorang pengunjung yang datang dari Surakarta, Widyawati.

“Saya sengaja datang pukul 06.00 WIB pas masih belulm banyak orang. Jadi bisa foto-foto sepuasnya,” ungkap pengunjung lainnya yang mengulas di Google dengan nama Write With Afina.

Telaga Claket Wonogiri buka setiap hari dari pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB. Pastikan saja kendaraanmu dalam kondisi prima untuk mencapai tempat ini, ya, Millens? Biar aman dan nyaman! (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT