BerandaKulinary
Minggu, 16 Mar 2024 08:55

Wisata Kuliner Asyik di Yammie Ketandan Malioboro, Yogyakarta

Yammie Ketandan di Kampung Ketandan, Malioboro, Yogyakarta. (Googleuser/Affina Dyan Setyawati)

Pengin menikmati keindahan Kampung Ketandan di Jalan Malioboro Yogyakarta sembari wisata kuliner? Kamu bisa lo datang ke Yammie Ketandan yang berdiri di sebuah rumah klasik. Seperti apa sih kenikmatan penganan yang disajikan di sana?

Inibaru.id – Kampung Ketandan adalah sebuah kawasan Pecinan yang ada di Jalan Malioboro, Yogyakarta. Di sana, kamu bisa melihat dan melakukan banyak hal menarik. Salah satunya adalah wisata kuliner di tempat yang unik di Yogyakarta, yaitu Yammie Ketandan.

Sekilas, dari namanya kamu pasti akan mengira Yammie Ketandan berbentuk kafe modern nan kekinian. Padahal, tempat makan yang satu ini berdiri di sebuah rumah klasik yang masih berbahan kayu dengan arsitektur zaman dahulu (zadul) yang sangat kuat. Lokasinya juga ada di dalam gang sempit.

Kamu bisa menemukan tempat makan yang sudah eksis sejak 2017 ini di jarak kurang lebih 200 meter dari Gerbang Kampung Ketandan Jalan Malioboro. Lokasi tepatnya di Jalan Ketandan Wetan Nomor 14, Kalurahan Ngupasan, Kapanewon Gondomanan. Dari gerbang dengan arsitektur khas Tionghoa itu, kamu bisa kok berjalan kaki kurang lebih 5 sampai 10 menit.

Ukuran tempat makannya memang nggak luas. Tapi, interior di dalamnya sangatlah menarik. Meski berada di rumah dengan arsitektur Jawa yang kuat, terdapat sejumlah ornamen khas Tionghoa. Selain itu, kamu bisa menemui barang-barang antik seperti mesin ketik, radio zadul, hingga poster-poster zaman dahulu. Cocok deh buat foto-foto!

Tempat makan Yammie Ketandan yang eksis di rumah klasik. (Twitter/Nayell69)

Tapi, yang namanya tempat makan, kekuatan utama dari Yammie Ketandan tentu saja adalah pilihan penganan yang disajikan. Di sini, kamu bisa menemui sejumlah menu yang menggiurkan seperti yammie polos, yammie pangsit kuah, yammie pangsit goreng, yammie komplet, yammie bakso, dan lain-lain. Harga per porsinya bervarisi dari Rp17 ribu sampai Rp25 ribu. Kalau pengin porsi jumbo, tinggal nambah Rp4 ribu saja, Millens.

O ya, meski berada di kawasan Pecinan, kamu nggak perlu khawatir. Semua makanan yang tersedia di sana halal, kok. Selain itu, meski berdiri di Yogyakarta yang dikenal dengan rasa manisnya, makanan di Yammie Ketandan cenderung gurih dan bisa dinikmati semua kalangan. Yang pasti, saat kamu makan di sana, pastikan untuk mencampur mi dan kondimennya seperti daging ayam, jamur, hingga daun bawang agar rasanya jadi semakin kaya dan seimbang saat diseruput, ya?

O ya, kalau kamu mau main ke Yammie Ketandan, ada baiknya kepoin dulu akun Instagramnya di @yammie_ketandan dan catat nomor WhatsAppnya. Meski waktu operasionalnya dari Senin hingga Sabtu pukul 11.30 sampai 16.00 WIB, terkadang tempat makan ini tutup, lo.

Selain menanyakan apakah warungnya buka atau tidak, kamu juga bisa melakukan reservasi atau mencari tahu menu apa saja yang masih tersedia sebelum datang.

Ada baiknya kamu juga nggak memarkirkan kendaraanmu di depan Yammie Ketandan karena lokasinya yang ada di gang sempit. Parkirlah di tempat lain seperti Taman Parkir Ketandan Malioboro yang ada di sisi timur tempat makan tersebut saya, ya, Millens. (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT