BerandaInspirasi Indonesia
Jumat, 9 Mar 2023 17:00

Para Perempuan Inspiratif Penggerak Industri Kreatif di Indonesia

Defria Kirana, salah seorang perempuan inspiratif penggerak industri kreatif Tanah Air. (Media Indonesia)

Industri kreatif di Indonesia nggak bisa dipisahkan dari peran perempuan yang menjadi penggeraknya, nggak terkecuali para perempuan inspiratif ini.

Inibaru.id – Industri kreatif nggak mengenal gender. Siapa pun punya kesempatan yang sama untuk turut serta memutar laju roda usaha kecil menengah (UKM) di Tanah Air, nggak terkecuali perempuan. Bahkan, sebuah platform e-commerce di Indonesia mengatakan, 50 persen pelaku UKM di negeri ini adalah kaum hawa.

Bertepatan dengan peringatan International Women’s Day (IWD) Rabu, 8 Maret 2023, e-commerce yang identik dengan warna hijau itu pun merilis lima sosok perempuan inspiratif pelaku UKM yang menjadi penggerak industri kreatif di Indonesia. Siapa saja?

1. Defria Kirana, HaluanBali

HaluanBali sejauh ini dikenal sebagai label industri fesyen melek teknologi yang hanya meluncurkan produk ramah lingkungan. Nah, di balik kebesaran jenama yang didirikan pada 2019 tersebut, ada nama Defria Kirana.

Perempuan berusia 34 tahun itu yang memilih berhenti dari pekerjaannya sebagai pegawai bank untuk mengejar passion-nya di dunia fesyen dengan menginisiasi fesyen sustainable di Bali ini. Kekuatan HaluanBali terletak pada pemanfaatan teknologi ramah lingkungan yang dipadukan dengan digital printing.

Yang menarik dari jenama ini adalah pemanfaatan digital fashion dan kemampuan story telling tiap produk yang mereka pasarkan. Lebih dari itu, seluruh pekerja yang direkrut Defria, mulai dari pekerja, staf kantor, penjahit, hingga vendor untuk proses digital printing adalah perempuan.

2. Irene Setiawati, Manika Jewellery

Irene Setiawati. (Ringtimes Bali/Ni Made Ari Rismaya Dewi)

Mengambil alih Manika Jewellery dari orang tuanya pada 2015, Irene Setiawati segera menemukan cara baru agar lebih terhubung dengan para pelanggannya, yakni dengan memanfaatkan media sosial Whatsapp Business.

Nggak butuh waktu lama bagi Irene untuk membuat label yang didirikan di Bali pada 1989 itu menjangkau lebih banyak konsumen. Dengan kekuatan utama produk perhiasan berbahan kuningan dan batu alam, perempuan yang selalu memberi ruang penyandang disabilitas untuk bekerja di tempatnya itu mampu memasarkan produk-produknya hingga mancanegara.

3. Windi Septia, Teri Bajak

Bahan makanan sederhana berupa teri medan menjadi produk komoditas ekspor di tangan Windi Septia. Dari Medan, pengusaha 32 tahun tersebut mampu menjual pelbagai olahan teri seperti sambal, makanan ringan, hingga teri mentah ke banyak wilayah di Tanah Air, bahkan ke Malaysia.

Windi mengatakan, salah satu strategi bisnis yang dia terapkan untuk meningkatkan penjualan produk Teri Bajak yang digelutinya sejak 2013 ini adalah koordinasi dan komunikasi intens dengan pelanggan mereka melalui platform media sosial.

4. Puji F Susanti, Rempah Karsa

Penggagas Rempah Karsa, Puji F Susanti (kanan) tengah mempromosikan produk-produk bikinannya. (Sisternet)

Puji merupakan pebisnis dengan banyak talenta. Menggagas Rempah Karsa di Jakarta pada 2018, perempuan 35 tahun ini dikenal sebagai “master jamu” bersertifikat di Indonesia. Sebelumnya, dia juga dikenal sebagai public speaker.

Dengan Rempah Karsa, Puji memproduksi minuman tradisional berbahan rempah lokal Tanah Air. Produk-produk ciptaannya antara lain pelbagai varian Tisane yang merupakan ramuan rempah kering siap seduh, Sirup Rempah, Jamu Segar, dan Bregas (semacam one shot immune).

5. Natalia, Rifera

Rifera adalah jenama produk daur ulang limbah kayu yang dipadukan dengan kain tenun lokal untuk menjadi berbagai aksesori, tas, dan sepatu. Natalia mendirikan label ini di Palembang pada 2019 dengan mengedepankan sustainability business.

Agar dikenal luas, pengusaha 38 tahun ini rajin memanfaatkan media sosial dan aktif mengikuti pameran di berbagai tempat. Selain dipasarkan di Indonesia, produk Rifera juga telah diekspor ke banyak negara, termasuk Malaysia, Vietnam, Singapura, Hong Kong, Paris, dan Amerika Serikat.

Keren-keren kan, Millens? Kamu juga bisa kok menjadi penggerak industri kreatif di Indonesia seperti kelima perempuan inspiratif ini. (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah terbit di Medcom.id dengan judul 5 UKM yang Dikelola Wanita Inspiratif Ini Manfaatkan WhatsApp untuk Bawa Produk Indonesia Mendunia.

Tags:

ARTIKEL TERKAIT

Bakmi Palbapang Pak Uun Bantul, Hidden Gem Kuliner yang Bikin Kangen Suasana Jogja

2 Des 2025

Bahaya Nggak Sih Terus Menancapkan Kepala Charger di Soket Meski Sudah Nggak DIpakai?

2 Des 2025

Lebih Mudah Bikin Paspor; Imigrasi Semarang Resmikan 'Campus Immigration' di Undip

2 Des 2025

Sumbang Penyandang Kanker dan Beri Asa Warga Lapas dengan Tas Rajut Bekelas

2 Des 2025

Mengapa Kebun Sawit Nggak Akan Pernah Bisa Menggantikan Fungsi Hutan?

2 Des 2025

Longsor Berulang, Sumanto Desak Mitigasi Wilayah Rawan Dipercepat

2 Des 2025

Setujui APBD 2026, DPRD Jateng Tetap Pasang Target Besar Sebagai Lumbung Pangan Nasional

28 Nov 2025

Bukan Hanya Padi, Sumanto Ajak Petani Beralih ke Sayuran Cepat Panen

30 Nov 2025

Pelajaran Berharga dari Bencana Longsor dan Banjir di Sumatra; Persiapkan Tas Mitigasi!

3 Des 2025

Cara Naik Autograph Tower, Gedung Tertinggi di Indonesia

3 Des 2025

Refleksi Akhir Tahun Deep Intelligence Research: Negara Harus Adaptif di Era Kuantum!

3 Des 2025

Pelandaian Tanjakan Silayur Semarang; Solusi atau Masalah Baru?

3 Des 2025

Spunbond, Gelas Kertas, dan Kepalsuan Produk Ramah Lingkungan

3 Des 2025

Regenerasi Dalang Mendesak, Sumanto Ingatkan Wayang Kulit Terancam Sepi Penerus

3 Des 2025

Ajak Petani Jateng Berinovasi, Sumanto: Bertani Bukan Lagi Pekerjaan Sebelah Mata

23 Nov 2025

Sumanto: Peternakan Jadi Andalan, Tapi Permasalahannya Harus Diselesaikan

22 Nov 2025

Versi Live Action Film 'Look Back' Garapan Koreeda Hirokazu Dijadwalkan Rilis 2026

4 Des 2025

Kala Warganet Serukan Patungan Membeli Hutan Demi Mencegah Deforestasi

4 Des 2025

Mahal di Awal, tapi Industri di Jateng Harus Segera Beralih ke Energi Terbarukan

4 Des 2025

Tentang Keluarga Kita dan Bagaimana Kegiatan 'Main Sama Bapak' Tercipta

4 Des 2025

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

A Group Member of

Ikuti kamu di: