BerandaHits
Minggu, 6 Apr 2024 13:00

Tips Irit BBM saat Perjalanan Mudik

Biaya bahan bakar yang dibutuhkan untuk perjalanan mudik harus dipersiapkan demi kelancaran. (Pertamina)

Berhemat bahan bakar saat mudik bisa menyelamatkan uang kita dari keborosan yang sia-sia, Millens. Apa saja yang bisa kita lakukan untuk bisa irit BBM?

Inibaru.id - Mudik ke kampung halaman menggunakan mobil pribadi membutuhkan rangkaian persiapan yang matang. Salah satu yang nggak boleh luput dari perhatian adalah anggaran untuk bahan bakar. Yap, biaya bensin untuk mudik nggak bisa dibilang sepele ya, Millens?

Nah, agar kantong nggak makin jebol hanya untuk membeli bensin, hendaknya kita mengetahui cara-cara menghemat BBM saat mudik. Apa saja yang bisa kita lakukan? Simak tips berikut yang dikutip dari Oto.Detik (22/4/2023)!

1. Siapkan Kendaraan

Periksa secara menyeluruh kondisi mobilmu, meliputi bagian mesin, sistem pengereman, sistem suspensi, dan sistem kemudi.

2. Periksa Tekanan Ban

Salah satu faktor penting yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar adalah tekanan ban. Ban bertekanan yang tak sesuai akan menyebabkan gesekan yang lebih tinggi dengan permukaan jalan. Hal ini membuat mesin harus bekerja lebih keras dan menggunakan lebih banyak bahan bakar.

3. Mengemudi dengan Benar

Mengemudi dengan cara yang efisien dapat membantumu menghemat BBM saat mudik. Teknik mengemudi yang bisa kamu terapkan meliputi beberapa hal berikut.

Pertama, hindari melakukan akselerasi atau pengereman mendadak saat mengemudi. Kedua, memakai gigi yang lebih tinggi juga dapat membantu mengurangi beban mesin, sehingga mengurangi konsumsi BBM. Ketiga, mengurangi waktu menginjak pedal gas dengan maksimal saat menambah kecepatan.

4. Cek Beban Kendaraan

Periksa dan atur beban bawaanmu sesuai dengan kapasitas mobil. (Istimewa)

Beban kendaraan yang berlebihan akan menyebabkan mesin bekerja lebih keras untuk menggerakkan mobil, sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih tinggi. Maka dari itu, penting untuk memeriksa dan mengatur beban kendaraan sesuai dengan kapasitas yang ditentukan oleh pabrikan agar bisa hemat BBM saat mudik.

5. Pakai Jenis BBM yang Disarankan

Pemilihan jenis bahan bakar yang tepat sangat berguna untuk mengoptimalkan kinerja mesin dan menghemat konsumsi bahan bakar. Pastikan untuk menggunakan jenis BBM yang disarankan oleh pabrikan kendaraanmu, seperti Pertalite, Pertamax, atau Solar.

6. Matikan Mesin saat Berhenti

Saat berhenti dalam waktu yang cukup lama, seperti istirahat di rest area atau mengantre di pom bensin, matikan mesin mobil untuk menghemat bahan bakar. Hidupkan mesin kembali saat hendak melanjutkan perjalanan akan lebih hemat bahan bakar daripada membiarkan mesin menyala dalam kondisi diam.

7. Rencanakan Rute Perjalanan

Merencanakan rute perjalanan sebelum memulai perjalanan mudik sangat krusial untuk membantu hemat BBM. Kamu bisa menggunakan GPS atau aplikasi peta untuk membantu menemukan rute terpendek dan paling efisien.

Begitu banyak cara untuk menghemat BBM. Lakukan beberapa yang paling memungkinkan ya, Millens! Ingat, biaya mudik nggak cuma dari post bahan bakar. Pasti ada pengeluaran lain yang juga membutuhkan uang yang nggak sedikit. (Siti Khatijah/E07)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT