BerandaHits
Selasa, 13 Mei 2019 13:57

Survei Mengungkap, Tiga dari Lima Milenial Mengikuti <em>Influencer</em>

Influencer (martechtoday.com)

Empat dari lima anak milenial mengikuti <i>influencer</i> di media sosial. Hal ini dibuktikan lewat survei yang dilakukan di Singapura.

Inibaru.id – Survei yang diadakan harian Strait Times Singapore dan Singapore University of Social Sciences menghasilkan fakta menarik tentang kehidupan kaum milenial. Salah satunya adalah empat dari lima anak milenial mengikuti influencer di media sosial.

Laman Kompas, Senin (13/5/2019) menulis, survei dengan tajuk “19+ Worldview Survey” ini dilakukan pada Agustus hingga November 2019 dengan melibatkan 1.054 generasi muda kelahiran 1999 atau yang saat itu masih berusia 19 tahun. Para partisipan ini hidup dengan menggunakan berbagai macam peralatan teknologi seperti ponsel dan laptop. Mereka juga mendapatkan banyak informasi tentang berbagai macam isu, baik itu pendidikan atau politik.

Berikut hasil survei tersebut.

Melanjutkan Pendidikan hingga Perguruan Tinggi

Gambar terkait

Ilustrasi kuliah. (Tunasbangsajakarta)

Meski hanya 15 persen dari orang tua para responden ini yang masuk kuliah, 9 dari 10 partisipan ini mampu melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi.

Alasan Masuk Perguruan Tinggi karena Ingin Mendapat Penghasilan Lebih Baik

Hasil gambar untuk ijazah dan pekerjaan

Alasan kuliah adala untuk mendapat penghasilan yan lebih baik. (Theodessyonline)

Hanya 37 persen yang memasuki perguruan tinggi karena ingin mendapatkan gelar. Kebanyakan partisipan ingin menggunakan gelar ini demi mendapatkan penghasilan yang tinggi sehingga lebih menjamin kehidupan.

Menganggap Ujian Nasional Masih Penting

Hasil gambar untuk Ujian

Ujian masih dianggap penting generasi milenial. (NearSay)

Meskipun bisa bikin stres, kaum milenial ternyata menganggap ujian nasional sebagai hal yang penting karena bisa menjadi dasar penilaian kompetensi yang adil.

Hidup Nggak Melulu tentang Pekerjaan

Hasil gambar untuk happy employee at desk

Bekerja dengan ketulusan hati sehingga bisa memberikan makna hidup yang didambakan anak milenial. (Bussiness2community)

Sekitar 42 persen generasi milenial menganggap pekerjaan harus bisa memberikan makna hidup. Sekitar 17 persen saja yang menganggap gaji adalah tujuan untuk mendapatkan pekerjaan.

Sudah Memegang Ponsel Sejak Dini

Hasil gambar untuk anak kecil main hp

Anak milenial sebagian besar sudah memegang gawai sejak kecil. (PixAbayphoto)

Kebanyakan partisipan mengaku mendapatkan ponsel pribadi sejak usia 11 tahun. Bahkan, laptop sudah bisa didapatkan dua tahun kemudian. Penggunaan ponsel juga cukup lama, yakni 5 hingga 6 jam sehari. Bahkan, satu dari lima partisipan mengaku langsung mengecek ponsel begitu bangun tidur dan mengeceknya lagi sebelum tidur.

Mengikuti Influencer di Media Sosial

Gambar terkait

Generasi milenial banyak yang mengikuti influencer di media sosial. (Nerdsmagazine)

Tiga dari lima partisipan mengikuti influencer di media sosial. Sekitar 80 persen partisipan mengaku alasan untuk mengikutinya adalah karena konten yang menarik.

Menganggap Serius Bahaya Hoaks

Hasil gambar untuk orang hoax

Generasi milenial membenci hoaks. (Pepnews)

Sekitar 70 persen dari partisipan menyebut hoaks sebagai hal yang harus serius ditangani dan membutuhkan adanya pengendalian pada berita hoaks yang semakin meresahkan.

Sebagai generasi milenial, sobat Millens setuju dengan hasil survei poin yang mana nih? (IB09/E04)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT

Bakmi Palbapang Pak Uun Bantul, Hidden Gem Kuliner yang Bikin Kangen Suasana Jogja

2 Des 2025

Bahaya Nggak Sih Terus Menancapkan Kepala Charger di Soket Meski Sudah Nggak DIpakai?

2 Des 2025

Lebih Mudah Bikin Paspor; Imigrasi Semarang Resmikan 'Campus Immigration' di Undip

2 Des 2025

Sumbang Penyandang Kanker dan Beri Asa Warga Lapas dengan Tas Rajut Bekelas

2 Des 2025

Mengapa Kebun Sawit Nggak Akan Pernah Bisa Menggantikan Fungsi Hutan?

2 Des 2025

Longsor Berulang, Sumanto Desak Mitigasi Wilayah Rawan Dipercepat

2 Des 2025

Setujui APBD 2026, DPRD Jateng Tetap Pasang Target Besar Sebagai Lumbung Pangan Nasional

28 Nov 2025

Bukan Hanya Padi, Sumanto Ajak Petani Beralih ke Sayuran Cepat Panen

30 Nov 2025

Pelajaran Berharga dari Bencana Longsor dan Banjir di Sumatra; Persiapkan Tas Mitigasi!

3 Des 2025

Cara Naik Autograph Tower, Gedung Tertinggi di Indonesia

3 Des 2025

Refleksi Akhir Tahun Deep Intelligence Research: Negara Harus Adaptif di Era Kuantum!

3 Des 2025

Pelandaian Tanjakan Silayur Semarang; Solusi atau Masalah Baru?

3 Des 2025

Spunbond, Gelas Kertas, dan Kepalsuan Produk Ramah Lingkungan

3 Des 2025

Regenerasi Dalang Mendesak, Sumanto Ingatkan Wayang Kulit Terancam Sepi Penerus

3 Des 2025

Ajak Petani Jateng Berinovasi, Sumanto: Bertani Bukan Lagi Pekerjaan Sebelah Mata

23 Nov 2025

Sumanto: Peternakan Jadi Andalan, Tapi Permasalahannya Harus Diselesaikan

22 Nov 2025

Versi Live Action Film 'Look Back' Garapan Koreeda Hirokazu Dijadwalkan Rilis 2026

4 Des 2025

Kala Warganet Serukan Patungan Membeli Hutan Demi Mencegah Deforestasi

4 Des 2025

Mahal di Awal, tapi Industri di Jateng Harus Segera Beralih ke Energi Terbarukan

4 Des 2025

Tentang Keluarga Kita dan Bagaimana Kegiatan 'Main Sama Bapak' Tercipta

4 Des 2025

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

A Group Member of

Ikuti kamu di: