BerandaHits
Selasa, 27 Mei 2024 15:03

Ternyata, Pisang Termasuk Buah Beri, Sementara Stroberi Nggak

Pisang termasuk buah beri, tapi stroberi nggak. (Envato Elements)

Bentuk, warna, dan rasanya sama sekali nggak mirip dengan buah beri. Tapi, ternyata pisang termasuk buah beri. Kok, bisa sih?

Inibaru.id – Karena beriklim tropis, Indonesia diberkahi begitu banyak buah sehat dengan rasa yang enak. Saking melimpahnya buah-buahan, harganya bahkan termasuk murah jika dibandingkan dengan harga buah di luar negeri. Nah, salah satu buah yang mudah didapat di mana-mana tersebut adalah buah pisang.

Meski variannya banyak, orang Indonesia mengenal pisang sebagai buah dengan bentuk memanjang dan ukuran cukup besar. Buah ini bahkan bisa bikin kenyang sehingga kerap dimasukkan dalam menu diet. Tapi, di balik bentuk dan rasa khas buah pisang ini, ada sebuah fakta yang cukup mengejutkan, yaitu buah pisang ternyata termasuk buah beri.

Padahal, keluarga buah beri biasanya berukuran kecil ya? Contohlah raspberry atau blackberry yang ukuran, bentuk, rasa, hingga warnanya sangat kontras dengan pisang. Tapi, nyatanya, para ahli botani menyebut pisang memang masuk dalam golongan buah beri.

Kok bisa begitu? Hal ini disebabkan oleh proses penggolongan buah dalam ilmu botani yang ditentukan oleh bagian mana dari tanaman yang berkembang menjadi buah. Sebagai contoh, ada buah yang berkembang dari bunga yang memiliki satu ovarium, tapi ada juga buah yang berkembang dari bunga yang memiliki lebih dari satu ovarium.

Lebih dari itu, biasanya biji buah juga diselimuti oleh tiga struktur utama buah, yaitu endocarp yakni bagian dalam yang menyelimuti biji; mesocarp yang merupakan daging buah; serta exocarp atau kulit buah. Nah, struktur inilah yang kemudian memengaruhi penggolongan buah-buahan.

Pisang masuk golongan buah beri seperti blackberry. (Pixabay/RitaE)

Khusus untuk keluarga buah beri, buahnya haruslah berkembang dari bunga dengan satu ovarium. Selain itu, excocarpnya harus lunak, mesocarpnya berdaging, dan endocarpnya harus lunak dan mampu membungkus satu atau lebih banyak biji-bijian. Nah, pisang ternyata memenuhi semua kualifikasi tersebut. Apalagi jika di dalam buah pisang terdapat beberapa biji kecil di daging buahnya.

Lantas, mengapa stroberi nggak masuk kategori buah beri? Karena buah ini berkembang dari bunga yang memiliki lebih dari satu ovarium, Millens.

Tapi, kok namanya stroberi? Kalau soal ini ini sih karena orang zaman dahulu, sebelum adanya ilmu botani, memberikan nama buahnya karena mirip dengan golongan beri lain seperti raspberry atau blackberry. Sayangnya, kekeliruan ini terus bertahan hingga sekarang.

Oh ya, sebenarnya ada beberapa jenis buah lain yang secara mengejutkan juga masuk dalam keluarga buah beri selain pisang, yaitu tomat, alpukat, paprika, terung, jambu biji, kiwi, dan anggur. Nggak disangka, ya?

Gimana, cukup terkejut nggak dengan fakta kalau pisang termasuk buah beri ini, Millens? (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT