BerandaHits
Sabtu, 6 Sep 2024 15:45

Situs Penyedia E-Meterai Eror, Ini Solusi BKN

Situs penyedia e-meterai eror. (Suaramerdeka)

Sudah beberapa hari masalah situs penyedia e-meterai eror bikin pendaftar CPNS 2024 kebingungan. BKN bahkan sampai memperpanjang batas akhir pendaftaran gara-gara hal ini. Lantas, apa yang bisa pendaftar CPNS lakukan untuk mengatasinya, ya?

Inibaru.id - Salah satu hal yang bikin senewen para pendaftar CPNS belakangan ini adalah situs penyedia e-meterai eror alias nggak bisa diakses. Padahal, e-meterai Rp 10 ribu tersebut sangat dibutuhkan untuk dibubuhkan pada surat pernyataan sebagai salah satu dokumen wajib pelamar.

Menanggapi hal ini, Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) yang menjadi penyedia e-meterai tersebut, eror terjadi gara-gara membeludaknya traffic situs. Artinya, orang yang mengakses situs penyedia e-meterai jauh lebih banyak dari biasanya.

"Peningkatan traffic pada website kami cukup signifikan sehingga kami memutuskan untuk menerapkan sistem antrean. Diharapkan hal ini bisa membuat seluruh user bisa kebagian e-meterai," bunyi keterangan resmi Peruri yang mulai mendapatkan komplain akibat hal ini pada Rabu (4/9/2024).

Apa yang diungkap Peruri diamini pakar teknik informatika dan komputer Nurcahya Pradana dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Menurutnya, bukan hal aneh jika sampai ada situs yang eror gara-gara traffic pengaksesnya melonjak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan dengan hari-hari biasanya.

"Pengaksesnya bisa saja mencapai jutaan orang per hari dan semuanya membutuhkan e-meterai. Hal inilah yang bikin situsnya eror," ucapnya sebagaimana dinukil dari Kompas, Jumat (6/9).

Meski Peruri menyebut situs penyedia e-meterai sudah bisa kembali diakses pada Kamis (5/9) malam, nyatanya pada Jumat (6/9), halaman utama situs-situs penyedia e-meterai kembali eror atau nggak bisa diakses. Padahal, tenggat waktu akhir pendaftaran semakin dekat. Kalau sudah begini, pendaftar CPNS harus bagaimana, ya?

Pendaftar CPNS harus pandai-pandai memilih waktu low traffic untuk mendapatkan e-meterai. (Mediaedukasi)

Sebagai solusi, pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) memutuskan untuk memundurkan batas akhir pendaftaran menjadi Selasa (10/9/2024).

Maklum, untuk mendapatkan e-meterai tersebut para pendaftar CPNS 2024 pun harus menunggu sampai traffic-nya menurun atau mencari situs-situs penyedia lainnya.

Lantas, kapan ya kira-kira traffic kunjungan ke situs-situs tersebut menurun? Kalau soal ini, kamu bisa begadang dan coba untuk membuka situsnya pada pukul 01.00 WIB sampai 03.00 WIB. Pada waktu itulah, banyak orang yang sedang beristirahat dan nggak mengakses internet. Nah, Kamu pun perlu menghindari mengakses situs pada pukul 07.00 WIB sampai 11.00 WIB karena pengunjung website sedang banyak-banyaknya.

"Hindari traffic tinggi atau server penuh dengan memilih waktu low traffic," saran pakar keamanan siber Ridho Rahman dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Nggak hanya pendaftar CPNS yang harus lebih sabar, Ridho juga menyarankan pihak pengelola situs sebaiknya memperbesar kapasitas server agar nggak sampai kejadian server penuh gara-gara traffic tinggi.

Yap, semoga saja masalah situs penyedia e-meterai penuh ini bisa segera teratasi dan semua pendaftar CPNS 2024 bisa segera mengurusnya. (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT