BerandaHits
Kamis, 7 Agu 2024 10:56

Selain Indonesia, Negara Lain Juga Kemalingan di Olimpiade Prancis

Tim bulutangkis RI kehilangan uang hampir Rp1 M karena kemalingan di Paris, Prancis. (PBSI)

Rupanya, nggak cuma Indonesia yang mengalami kemalingan di ajang Olimpiade Prancis 2024. Sebelumnya, ada beberapa negara yang melayangkan laporan pengaduan pencurian ke kepolisian Prancis.

Inibaru.id - Tim bulu tangkis Indonesia di Olimpiade Paris 2024 mengalami kesialan karena uang rombongan tim PBSI dicuri oleh pihak yang nggak bertanggung jawab. Hal itu sudah dikonfirmasi langsung oleh Manajer Tim Indonesia, Armand Darmadji, yang mengatakan kemalingan itu terjadi di Paris, Prancis.

Armand jadi korban modus ban kempes saat mengendarai mobil di Paris pada Senin 5 Agustus 2024 kemarin. Berdasarkan informasi dari tim Adhoc PBSI, insiden bermula dari mobil yang dikendarai Armand tengah berhenti.

Saat itu, dia sedang bersama salah seorang official tim Adhoc PBSI yakni Shendy Puspa Irawati. Posisi mobil dalam keadaan berhenti karena Armand menunggu Shendy yang tengah berbelanja.

Armand pun nggak keluar dari mobil karena dia hanya menunggu Shendy sejenak. Bahkan di belakang mobil Armand yang berhenti pun terdapat mobil patroli polisi. Namun, nasib nahas justru bermula dari sini. Ketika Shendy sudah turun dari mobil, ada seseorang yang memberi tahunya bahwa mobil yang dikendarai Armand bermasalah.

Lantas, Armand pun turun dari mobil untuk mengecek ban. Pada momen itu diduga pelaku melakukan aksinya mengambil tas Armand. Saat kembali ke dalam mobil, tas Armand sudah lenyap. Menurut pengakuannya, tas yang dicuri berisi uang tunai 53 ribu Euro atau sekitar Rp950 juta rupiah. Dompet berisi kartu kredit, KTP, SIM, serta paspor juga hilang.

Uang tersebut merupakan gabungan beberapa orang tim bulutangkis yang berjumlah 53 orang, baik atlet sampai ofisial. Armand sendiri sudah melaporkan ke pihak kepolisian setempat.

"KBRI telah menerima secara langsung di KBRI laporan saudara Armand Darmaji kemarin malam. KBRI terus memantau perkembangannya. Namun per hari ini belum ada laporan update dari kepolisian Prancis," kata Duta Besar Indonesia untuk Prancis, Mohammad Oemar dikutip dari RRI, Selasa (6/8/2024).

Dialami Negara Lain

Pelatih Timnas Argentina marah besar ketika pihak nggak bertanggung jawab membobol barang-barang miliknya dan tim. (AP/Silvia Izquierdo)

Sebenaranya, dalam gelaran Olimpiade Prancis 2024 ini, nggak hanya Indonesia yang mengalami kemalangan. Sebelum ini, paling nggak ada timnas sepakbola Argentina yang mengalami nasib nahas serupa.

Sehari sebelum Argentina melakoni pertandingan pertamanya di ajang tersebut, stadion tempat mereka berlatih dibobol. Ada barang yang hilang.

"Kemarin, mereka membobol stadion kami. Ada barang dari Thiago Almada yang dicuri. Mereka meminta kami tanda pengenal untuk semua hal, tapi kemudian hal ini terjadi. Hari ini mereka menginvasi stadion tujuh kali dan mereka melempar kembang api ke kami," kata Pelatih Argentina Javier Mascherano saat itu, seperti dikabarkan Tyc Sport.

Selain itu, wisma atlet Olimpiade 2024 di Paris pun nggak luput dari hal serupa. Ada kasus-kasus pencurian di sana. News Week mengabarkan pada akhir Juli lalu paling nggak ada lima pengaduan pencurian yang masuk. Salah satunya atlet rugbi dari Jepang yang kehilangan cincin kawin, kalung, dan uang tunai.

Insiden lain menimpa pelatih timnas hoki Australia. Dia melaporkan kehilangan kartu kredit yang kemudian disalahgunakan.

Hm, soal Paris yang menjadi salah satu kota dengan tingkat kriminalitas tinggi itu sudah bukan rahasia lagi ya, Millens? Tapi siapa sangka, para maling juga mengincar atlet dan pengunjung yang datang ke ajang bergengsi Olimpiade. Meski sampai sekarang belum terdengar kabar baiknya, semoga barang dan uang yang sempat hilang bisa kembali ke pemiliknya! (Siti Khatijah/E07)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT