BerandaHits
Senin, 15 Sep 2024 10:56

Sebab Kucing Suka Menjatuhkan Barang

Kucing suka menjatuhkan barang. (Reddit/Fattah1616)

Di rumahmu, kucing suka menjatuhkan barang seperti vas, gelas, atau benda-benda lain, nggak? Kepikiran nggak mengapa mereka suka melakukannya?

Inibaru.id – Meski lucu dan bisa dielus-elus, nyatanya memelihara kucing banyak tantangannya, Millens. Selain harus mengurus makanannya dan kotorannya, ada hal lain yang harus kita perhatikan, yaitu kebiasaan kucing menjatuhkan barang.

Soal ini, kamu pasti sering banget melihat video-videonya di media sosial. Kucing seringkali iseng menjatuhkan benda yang ada di tepi meja, tepi lemari, hingga menjatuhkan televisi yang sedang ditonton. Mengapa mereka suka melakukannya, ya?

Terkait dengan kebiasaan yang satu ini, pakar perilaku hewan Amy Shojai punya pendapatnya. Hal pertama adalah kucing masih memiliki insting berburu meskipun sejak lahir dia sudah dirawat manusia.

Kok bisa begitu? Terkadang, dia berburu cicak dan tanpa sengaja berlari melewati meja dan menjatuhkan gelas di meja tersebut saat menangkapnya. Lebih dari itu, terkadang dia sengaja menggunakan tangan atau cakarnya untuk mengenali suatu objek. Caranya adalah dengan menepuk atau memukul suatu benda. Hal itulah yang akhirnya bikin benda yang kamu tempatkan di tepi meja atau lemari akhirnya terjatuh.

Insting berburu jadi alasan kucing suka menjatuhkan barang. (Reddit/Cronchy_tacoa)

Hal lain yang bikin kucing suka menjatuhkan barang adalah dia pengin kita memberikan reaksi atau perhatian kepadanya. Hm, kalau yang satu ini kok khas anak kecil banget, ya? Tapi memang benar kok, Millens. Andai kita kemudian marah atau menjerit saat barang tersebut jatuh, kucing sudah menganggap aksinya berhasil membuatnya mendapatkan perhatian darimu.

Oleh karena itulah, cara terbaik untuk bikin kucing berhenti menjatuhkan barang adalah dengan nggak memberikan reaksi apapun saat dia melakukannya. Dia pun jadi sadar kalau aksi ini nggak mampu menarik perhatian majikannya.

Nah, biar nggak ada lagi barang-barang di rumah yang jadi korban kejahilan kucing, kamu sebaiknya memberikan mainan atau tempat di mana kucing bisa beraktivitas seperti berlari, mencakar, menggigit, dan lain-lain. Intinya sih biar mereka bisa melampiaskan naluri berburunya. Kalau soal mainan atau tempat mainan kucing yang satu ini, kamu bisa kok mencari referensinya di internet.

Jadi, sudah tahu kan ya alasan mengapa suka kucing menjatuhkan barang. Jangan langsung marah dulu. Kalau memang sayang kucing, cariin deh solusi terbaik agar mereka nggak melakukannya lagi. Ingat ya, mereka nggak bisa diajak ngomong seperti manusia. Jadi, kita yang harus pintar-pintar mengatasinya. Setuju, Millens? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT