BerandaHits
Sabtu, 6 Sep 2024 09:34

Ribuan Penari Tayub akan Meriahkan Blora Culture Festival 2024

Blora Culture Festival 2024 akan digelar pada Jumat dan Sabtu (6-7/9/2024). (X/Jateng_Twit)

Akhir pekan ini, kamu bisa datang memeriahkan Blora Culture Festival 2024. Apa saja yang bisa kamu lihat di event ini?

Inibaru.id – Kamu sedang di Blora, Jawa Tengah, atau ada rencana untuk main ke Blora pada akhir pekan ini? Kalau iya, jangan lewatkan event Blora Culture Festival 2024 yang akan digelar pada Jumat-Sabtu (6-7/9). Pasalnya, pada acara ini bakal ada 1.000 penari tayub yang akan ambil bagian, Millens.

Kepastian ribuan penari tayub khas Blora akan memeriahkan event ini diungkap Kepala Bidang Pariwisata dari Dinas Kepemudaan Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora Yeti Romdonah.

“Iya, sejak beberapa pekan lalu ribuan penari tayub sudah menyiapkan diri di lokasi yang telah ditentukan,” ucap Yeti sebagaimana dinukil dari Blorakab, Selasa (27/8/2024).

Ribuan penari ini berasal dari berbagai kalangan yaitu pelajar SMP dan SMA di Blora, pegawai daerah, hingga anggota TNI dan Polri.

“Yang dari TNI dan Polri nanti menari tayub dengan seragam dinasnya. Kalau yang lain akan memakai busana tari tayub,” lanjut Yeti.

Ragkaian acara Blora Culture Festival 2024. (X/Jateng_Twit)

Acara Gelar 1000 penari Tayub dan Rampak Barongan ini akan digelar pada Sabtu (7/9) pukul 07.00 WIB sampai selesai di Lapangan Kridosono, Blora sebagai acara puncak dari festival yang akan digelar selama dua hari tersebut. Pada hari yang sama, juga ada pameran produk unggulan yang diadakan di lokasi yang sama pada pukul 09.00 WIB sampai selesai.

Nah, pada Jumat (6/9), festival akan dibuka pukul 09.00 WIB, juga di Lapangan Kridosono dengan acara pameran produk unggulan, workshop manajemen festival, dan lomba tari kreasi untuk anak-anak SD dan SMP. Khusus untuk Jumat (6/9) malam mulai pukul 19.30 WIB, digelar Pentas Sendra Tari Awiknamastu Jagatplaka.

Karena ini adalah festival yang digelar untuk kali pertama, Pemkab Blora bakal fokus untuk menyajikan budaya daerah, dalam hal ini adalah tari-tarian khas Blora.

“Kami ingin Blora Culture Festival rutin digelar setiap tahun. Karena kali ini adalah yang pertama, kami memilih tayub dulu demi mengangkat seni tayub Blora agar lebih populer,” ungkapnya.

Wah, sepertinya bakal meriah banget nih Blora Culture Festival 2024. Yuk kita datang ke sana untuk melihat sendiri keseruan ribuan penari tayub yang tampil! (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT