BerandaHits
Jumat, 4 Apr 2024 16:33

Posko Angkutan Udara Lebaran Dibuka di Bandara Ahmad Yani Semarang

PT Angkasa Pura I mendirikan Posko Angkutan Udara Lebaran 2024 di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. (Kompas)

Untuk memastikan keamanan dan kelancaran mudik Idulfitri, PT Angkasa Pura I membuka Posko Angkutan Udara Lebaran 2024 di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. Posko ini bakal beroperasi hingga 18 April 2024.

Inibaru.id – Dalam rangka memastikan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan bagi seluruh pengguna jasa bandara menyambut libur Hari Raya Idulfitri, Kantor Cabang PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang kemarin secara resmi membuka Posko Angkutan Udara Lebaran Tahun 2024.

Posko tersebut akan beroperasi mulai dari tanggal 3 April 2024 hingga 18 April 2024. Selain itu, sebagai langkah antisipasi terhadap peningkatan jumlah penerbangan, jam operasional bandara diperpanjang menjadi pukul 07.00 hingga 19.00 WIB selama periode libur Lebaran ini, Millens.

"Penyelenggaraan Angkutan Udara Lebaran Tahun 2024 bertujuan untuk memastikan bahwa operasional Bandar Udara selama periode Lebaran ini dapat berjalan dengan lancar, selamat, aman dan nyaman," kata General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Fajar Purwawidada dalam keterangan tertulis.

Dia memperkirakan bakal ada peningkatan jumlah penumpang dibanding pada hari biasa. Sementara itu, prediksi puncak arus mudik akan terjadi pada tanggal 6 April 2024 dengan perkiraan penumpang sekitar 8.057 orang.

Untuk arus balik, Fajar memperkirakan bakal terjadi pada 15 April 2024 dengan taksiran penumpang sekitar 7.509 orang.

Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada tanggal 6 April 2024. (Antara Foto)

Selama libur Lebaran tahun 2024 ini, terdapat 236 penerbangan tambahan yang diajukan oleh 4 maskapai, yaitu Garuda Indonesia, Batik Air, Lion Air, dan Super Airjet, dengan rute tujuan Jakarta Soekarno Hatta (CGK), Jakarta Halim Perdana Kusuma (HLP), Banjarmasin (BDJ), Balikpapan (BPN), Makassar (UPG), dan Batam (BTH).

Sampai dengan hari Rabu (3/4) sudah terdapat pengajuan 236 Extra Flight dengan rute ke kota Jakarta, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Batam. Pada periode Lebaran tahun 2024, tercatat rata-rata harian untuk pergerakan trafik pesawat sebanyak 60 pesawat per hari, untuk penumpang rata-rata sebanyak 7.107 orang per hari, dan untuk kargo sebanyak 30.207 kg per hari.

"Dengan adanya extra flight kami perkirakan pergerakan trafik di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang akan meningkat signifikan,” tutup Fajar Purwawidada.

Wah, sudah terbayang ya keramaian mudik Lebaran tahun ini, Millens? (Siti Zumrokhatun/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT