BerandaHits
Selasa, 26 Agu 2024 17:25

Pilkada Jateng 2024 Core; 'Perang Bintang' Demi Kursi Gubernur

Andika Perkasa diusung PDI-P dalam Pilgub Jateng 2024. (Dokumentasi PDI-P)

PDI-P mengusung pasangan jenderal bintang empat Andika Perkasa - Hendrar Prihadi untuk Pilkada Jateng 2024. Hal ini membuat Pilgub Jateng jadi ajang perang bintang karena Gerindra sebelumnya sudah mengusung Ahmad Luthfi yang merupakan jenderal polisi bintang dua sebagai calon gubernur.

Inibaru.id – Nggak cuma Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta yang jadi perhatian banyak orang. Pilkada Jateng, juga. Apalagi, belakangan ini ‘perang bintang’ resmi terjadi di sana setelah PDI-P mengusung Andika Perkasa – Hendrar Prihadi dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2024.

Keputusan PDI-P untuk mengusung keduanya dipastikan pada hari ini, Senin (26/8/2024). Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto yang mengungkapnya.

“Dari Provinsi Jawa Tengah, Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi,” ucap Hasto dalam pengumuman tersebut.

Asal kamu tahu saja, Andika Perkasa adalah mantan Panglima TNI pada periode 17 November 2021 sampai 19 Desember 2022. Lulusan Akademi Militer 1987 ini juga pernah menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD). Setelah pensiun dari militer dengan status jenderal bintang empat, Andika masuk jadi anggota PDI-P semenjak 2023.

Wakilnya, Hendrar Prihadi, nggak kalah mentereng namanya di Jawa Tengah. Menjabat sebagai Wali Kota Semarang dari 2013 sampai 2022, laki-laki yang akrab dipanggil dengan nama Hendi ini dikenal sebagai Bapak Transportasi Umum Kota Semarang. Maklum, di masa kepemimpinannyalah, BRT Trans Semarang semakin membaik dan kini kerap dianggap sebagai sistem transportasi umum terbaik kedua di Indonesia setelah sistem transportasi umum di DKI Jakarta.

Ahmad Luthfi, jenderal bintang dua mantan Kapolda Jateng juga ikut Pilgub Jateng 2024. (Tvonenews)

Nggak hanya itu, Hendi dianggap mampu membuat Semarang berubah jadi kota yang lebih menarik. Hal ini dibuktikan dengan Kota Lama yang kini dikenal sebagai destinasi wisata favorit di Jawa Tengah. Ditambah dengan kemampuannya dalam membuka kanal pengaduan bagi warga sehingga berbagai masalah bisa segera diatasi dengan cepat, banyak yang memuji kepemimpinannya.

Jika PDI-P mengusung jenderal bintang empat dan pemimpin berlabel ‘bintang’ dari Kota Semarang, pada Jumat (23/8) Partai Gerindra memastikan diri mengusung Ahmad Luthfi maju di Pilgub Jateng 2024 dengan wakil Taj Yasin Maimoen.

Nama Taj Yasin Maimoen nggak asing bagi warga Jateng karena menjabat sebagai Wakil Gubernur Jateng pada 2018-2023. Apalagi, dia merupakan anak dari mendiang ulama karismatik dari Rembang, Maimoen Zubair. Di sisi lain, Ahmad Luthfi yang kini menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan (Kemendag) adalah seorang jenderal bintang dua yang menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jateng dari 1 Mei 2020 sampai 26 Juli 2024.

Memang, masih ada kemungkinan ada pasangan calon (paslon) lain yang akan mendaftar di Pilkada Jateng 2024. Tapi, keberadaan dua paslon ini memang benar-benar menunjukkan kalau ‘perang bintang’ berlangsung di Jateng. Semoga saja ya siapa pun yang menang nanti, dengan nama besar yang sudah mereka miliki, bisa bikin Jawa Tengah jadi semakin maju. Setuju, Millens? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT