BerandaHits
Sabtu, 30 Agu 2024 18:48

Pertamina Jawab Isu Pertalite Nggak Lagi Dijual Mulai 1 September 2024

Muncul isu SPBU nggak lagi menjual Pertalite pada 1 September 2024. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Di media sosial viral kabar bahwa per 1 September 2024, BBM subsidi alias Pertalite nggak lagi dijual di SPBU. Seperti apa ya jawaban Pertamina atas isu ini?

Inibaru.id – Di media sosial belakangan ini muncul gambar dan narasi yang menyebut Pertalite nggak lagi dijual per 1 September 2024 di SPBU Pertamina. Mengingat dalam beberapa bulan belakangan sudah ada isu yang menyebut Pertalite akan diganti dengan jenis BBM lain, apakah isu ini memang benar?

Terkait dengan pertanyaan ini, Pjs Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Heppy Wulansari punya jawabannya, Millens. Kalau menurutnya, isu itu nggak benar alias hoaks.

“Isu tangga 1 (September 2024) Pertalite nggak dijual di SPBU Pertamina adalah hoaks,” ucap Heppy sebagaimana dikutip dari Gridoto, Jumat (30/8/2024).

Meski begitu, dia mengakui jika nantinya ada sejumlah SPBU yang berhenti menjual Pertalite. Tapi, dia memastikan jumlah SPBU yang melakukannya sangat sedikit. Pasalnya, dari pihak Pertamina akan memperhitungkan dengan seksama tentang lokasi SPBU di area permukiman menengah ke atas atau nggak, dia area industri atau nggak, atau seperti apa jalur transpotasi di sekitarnya.

“Perhitungan ini diperlukan agar subsidi BBM subsidi bisa tepat sasaran. Tapi, andai nantinya ada SPBU yang nggak lagi menjual BBM subsidi seperti Pertalite atau Biosolar, masyarakat yang membutuhkan bisa SPBU lain yang menyediakannya,” lanjutnya.

Di masa depan, ada SPBU yang nggak lagi menjual Pertalite. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Yang pasti, aturan yang membatasi pembelian Pertalite, yaitu revisi Perpres Nomor 191 Tahun 2014 bakal segera rampung dalam waktu dekat. Jika memang aturan tersebut diketuk palu, maka penyediaan BBM subsidi nggak akan sebanyak sebelumnya. Artinya, sebagaimana yang diungkap Heppy sebelumnya, kita bisa menemukan SPBU yang menjual BBM subsidi dan yang nggak menjualnya.

Selain itu, sebelumnya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia, mengaku pemerintah sudah berencana untuk melakukan pembatasan pada BBM subsidi pada 1 Oktober. Tapi, rencana itu juga belum tentu bisa terlaksana karena pemerintah masih melakukan perhitungan matang-matang sebelum melaksanakannya.

Yang pasti, Pertamina memang berkomitmen untuk mencapai target Net Zero Emission pada 2016 nanti. Hal inilah yang mendasari penggunaan BBM beroktan rendah seperti Pertalite bakal semakin dipangkas dan akhirnya benar-benar diganti dengan BBM yang lebih ramah lingkungan di masa depan.

Yap, lambat laun, kita memang harus menerima fakta kalau Pertalite pasti akan hilang meski belum bisa dipastikan kapan. Tapi, setidaknya kita jadi tahu ya kalau isu Pertalite bakal nggak lagi dijual di SPBU mulai 1 September 2024 hanyalah berita hoaks, Millens? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT