BerandaHits
Senin, 23 Jun 2024 13:06

Nggak Hanya Berenang, Ada Hiu yang Bisa Berjalan

Hiu bisa berjalan. (diveplanit)

Umumnya, hiu berenang sebagaimana hewan laut bersirip lainnya. Tapi, ternyata ada hiu yang juga bisa berjalan.

Inibaru.id – Meski ikan sapu-sapu hidupnya lebih suka menempel ke dasar laut, karang, atau kaca akuarium, tapi tetap saja ikan ini bergerak dengan cara berenang. Namun, belakangan ada kabar bahwa hiu bisa berjalan di lautan. Beneran nggak, ya?

Memang, ada ikan terbang, ada juga ikan tembakul atau glodok yang dikenal bisa berjalan di atas lumpur. Tapi, ikan tembakul memang masuk dalam keluarga amfibi sehingga bisa hidup di atas air. Beda cerita dengan ikan hiu yang meskipun masuk dalam golonga mamalia, seluruh hidupnya dihabiskan di dalam air.

Lantas, kalau memang selalu hidup di air, ngapain harus susah-susah berjalan? Terkait dengan hal ini, kita bahas dulu yuk tentang hewan ini. Jadi, ternyata nggak semua hiu punya kemampuan berjalan. Yang memiliki kemampuan ini adalah yang bergens Hemiscyllium. Meski memang mereka punya kemampuan unik untuk berjalan di dasar laut, hiu ini juga bisa berenang dengan normal seperti hiu pada umumnya.

Tapi, kalau bisa berenang, apakah berarti mereka punya kaki? Kalau soal ini, jelas nggak ya. Layaknya ikan pada umumnya, mereka bergerak dengan menggunakan sirip perut dan sirip dadanya. Nah, saat bergerak, mereka mengayunkan sirip-sirip tersebut seperti kaki sembari menekuk tubuhnya. Yang mengherankan, mereka bisa terus berjalan dengan cara ini dan menempuh jarak yang cukup jauh, lo.

Hiu ini suka tinggal di dasar laut. (Theguardian/AP/Andy Morisson)

Dengan cara ini, hiu terumbu karang ini bisa mencari mangsa yang dia inginkan di dasar laut. Mereka juga bisa melesat dengan cepat jika dibutuhkan.

O ya, ada keunikan lain dari ikan hiu yang panjang maksimalnya hanyalah 54 sentimeter untuk yang berjenis kelamin jantan dan 62 sentimeter untuk yang berjenis kelamin betina ini. Mereka bisa hidup di perairan hangat dengan kadar oksigen yang rendah tatkala air laut sedang surut. Bahkan, mereka bisa berada di lingkungan di mana banyak ikan lain akan mati karena kekurangan oksigen tersebut hingga 3,5 jam lo.

Memangnya, di mana ya hiu yang bisa berjalan ini bisa ditemukan? Selain di perairan Papua New Guinea, hiu ini bisa ditemukan di pantai timur dan utara Australia. Bahkan, hiu ini juga bisa ditemukan di kawasan Malaysia, Indonesia, dan Kepulauan Salomon.

Hm, ternyata hiu yang bisa berjalan juga hidup di perairan Indonesia. Kalau kamu sering main di lautan atau menyelam, coba deh cek dasar laut kali aja kamu bisa melihat mereka sedang berjalan di lautan, Millens. (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT