BerandaHits
Kamis, 10 Apr 2024 14:00

Nama Negara di Asia Tengah Banyak yang Berakhiran 'Stan'; Kenapa?

Turkmenistan, salah satu negara di Asia Tengah dengan akhiran 'stan'. (Rferl)

Pernah kepikiran nggak mengapa nama-nama negara di Asia Tengah yang lokasinya saling berdekatan itu semuanya memakai akhiran 'stan'? Ternyata ini alasannya, lo.

Inibaru.id - Buat yang pernah berkunjung ke Asia Tengah, kamu mungkin bakal ngeh bahwa ternyata cukup banyak negara di kawasan itu yang memakai nama berakhiran "-stan"; misalnya Afghanistan, Pakistan, Tajikistan, Uzbekistan, Turkmenistan, dan Kyrgistan. Lokasi mereka pun berdekatan.

Berbeda dengan negara-negara di kawasan Skandinavia yang memiliki kesamaan dalam corak benderanya, negara di Asia Tengah ini memiliki kesamaan dalam penamaannya. Usut punya usut, penggunaan "stan" ini merupakan ciri khas dari bahasa Proto-Indo-European.

Proto-Indo-European dipakai di sejumlah negara di berbagai belahan dunia, termasuk Asia Tengah, lebih tepatnya Uni Soviet (sekarang Rusia). Besar kemungkinan, negara berakhiran "stan" ini semula berada di bawah naungan Uni Soviet, negera terbesar di dunia sebelum cerai-berai pada 1991.

Dalam bahasa Rusia, “stan” bisa diartikan sebagai permukiman, sedangkan dalam bahasa Slavia bermakna “negara”. Sementara, bahasa Indo-Iranian kuno mengartikan "stan" sebagai tempat atau tanah asal. Maka, Afghanistan bisa diartikan sebagai tempat asal orang Afghan.

Yang Mengikuti Kata 'Stan'

Kazakhstan, salah satu negara dengan akhiran 'stan' di Asia Tengah. (iStock)

Sebagaimana Afghanistan, Turkmenistan juga bisa diartikan sebagai tempat tinggal kaum Turkmen, Uzbekistan merupakan tempat asal kaum Uzbek tinggal, dan Tajikistan sebagai tempat tinggal bangsa Tajik. Secara garis besar, ihwal mula penamaan ini nggak berbeda jauh.

Melihat pembentukan nama negara-negara tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa kata "stan" bisa dimaknai sebagai "state" dalam bahasa Inggris. Perbedaannya, kata "stan" tersebut dituliskan menyatu dengan kata "dasar"-nya.

Pakistan, misalnya; Dalam bahasa Urdu, ia berarti negeri orang suci. Namun, sebetulnya Pakistan merupakan singkatan dari Punjabi, Afghani, Kashmiri, Sindhi, dan Balochistan, lalu mendapat akhiran "stan". Nama yang dipakai sejak 1930-an itu mengacu pada budaya yang membentuk negara ini.

Sementara, untuk Kyrgistan, namanya berasal dari bahasa Turki “kyrgy” yang berarti empat puluh, mengacu pada 40 klan yang menyatukan diri. Adapun Kazakhstan juga diambil dari bahasa Turki “kazakh”, yang bermakna mandiri.

Nah, sudah tahu kan gimana nama-nama negara berakhiran "stan" ini terbentuk? Ayo, kapan punya waktu lagi untuk berkunjung ke negara-negara eksotis ini? (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT