inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Sempat Viral, Logo KAI Lawas Dipakai Perusahaan Kereta di Polandia
Senin, 1 Apr 2024 17:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Logo PT KAI dipakai PTS Polandia. (Googleuser/ Public Transport Service Sp. z o.o. (PTS))

Logo PT KAI dipakai PTS Polandia. (Googleuser/ Public Transport Service Sp. z o.o. (PTS))

Siapa menyangka logo KAI lawas kini sudah nggak dipakai lagi ternyata dipakai logo perusahaan kereta di Polandia. Kok bisa?

Inibaru.id – Tercatat sejak 28 September 2020 logo PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) resmi berubah dari yang semula berupa lokomotif dengan anak panah menjadi huruf KAI dengan kombinasi warna biru tua, jingga, dan putih. Menariknya, logo yang ditinggalkan itu kini justru dipakai di Polandia, lo.

Hal ini diungkapkan akun Twitter @jalur5_ pada Selasa (12/3/2024). Sedikit informasi, akun tersebut memang sering membahas tentang transportasi kuda besi di Tanah Air. Menurut penuturannya, pemakai logo KAI itu adalah Public Transport Service Sp. z o.o. (PTS).

PTS adalah perusahaan Polandia yang juga bergerak di bidang perkeretaapian, yakni perawatan dan pemeliharaan kereta api dan sarananya, yang berdiri sejak 2016. Nah, belum ada kejelasan apakah pihak PTS sudah memiliki izin penggunaan logo itu atau belum.

Perlu kamu tahu, pembuat logo KAI yang dipakai sejak 2011 hingga 2020 itu adalah Farid Stevy Asta, vokalis grup musik FSTVLST yang berdomisili di Yogyakarta. Terkait hal ini, pihak KAI juga belum mengeluarkan pernyataan resmi apa pun.

Sejarah Logo KAI

Logo PT KAI yang dipakai di Polandia. (Wikipedia/Farid Stevy Asta)
Logo PT KAI yang dipakai di Polandia. (Wikipedia/Farid Stevy Asta)

Farid Stevy Asta mengungkapkan, desain yang dibikinnya adalah perlambang gerakan yang dinamis untuk mencapai visi-misi, yang tergambar dari tiga garis melengkung dengan anak panah transparan. Sementara, jingga adalah simbol pelayanan yang prima, sedangkan biru merupakan lambang inovasi.

Sebelum logo buatan Farid, KAI sudah beberapa kali mengganti logonya. Logo pertama mereka (dulu bernama Djawatan kereta Api Repoeblik Indonesia) setelah Indonesia merdeka berupa lingkaran berlatar Merah-Putih dengan sketsa lokomotif uap di tengahnya. Logo ini bertahan hingga 1950.

Setelahnya, logo diganti jadi hitam-putih dengan tulisan Djawatan Kereta-Api pada bagian cincin terluar dan DKA pada cincin terdalam, dengan sayap kembar yang terbuat dari lima helai besi di sampingnya. Logo ini dipakai hingga 1963.

Ketika nama jawatan menjadi Perusahaan Negara Kereta Api (PNK), logonya pun ikut diganti menjadi emblem bernama Wahana Daya Pertiwi berbentuk garuda mencengkeram roda kereta. Lalu, pada 1988, logo tersebut berubah lagi menjadi segilima berwarna biru bertuliskan KA berbentuk roda kereta api.

Pada 1991, logo KAI kembali diubah menjadi huruf Z (atau angka 2) berwarna jingga, dengan siluet kereta mengarah ke dua sisi. Logo tersebut menjadi logo terlama yang dipakai hingga 28 September 2011, sebelum digantikan logo yang kini dipakai PTS Polandia. (Arie Widodo/E03)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved