BerandaHits
Sabtu, 12 Apr 2024 09:00

Minuman-Minuman yang Bisa Mengcounter Masakan Bersantan

Jus lemon adalah salah satu minuman yang bisa menetralisir makanan bersantan. (Istimewa)

Selain banyak makan sayur dan buah, ada minuman-minuman tertentu yang bisa mengcounter atau mengatasi masakan bersantan. Siapkanlah minuman ini saat di rumah penuh dengan menu yang menggunakan santan.

Inibaru.id - Saat Lebaran tiba, entah kenapa isi meja makan pada setiap rumah kebanyakan adalah makanan bersantan. Menu paling populer untuk disantap bareng keluarga besar adalah opor ayam, rendang daging, sayur labu, sambal goreng, dan masakan-masakan lain yang mengandung santan.

Padahal, kita nggak boleh berlebihan mengonsumsi santan, lo. Kenapa? Santan mengandung lemak jenuh yang tinggi. Kebanyakan makan santan dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti diare, asam lambung naik, tekanan darah tinggi, dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jika pengin makanan yang mengandung santan, kamu sebaiknya juga mengonsumsi asupan yang bisa untuk menetralisasi itu. Selain banyak-banyak makan sayur dan buah, minuman segar juga jadi ide yang bagus, kok. Minuman apa saja yang efektif menetralisir santan?

1. Jus Lemon

Jus lemon yang berbahan dasar lemon mengandung asam penetral dan membentuk bikarbonat yang bisa meredakan mual akibat makanan bersantan.

2. Lemon Tea

Lemon tea merupakan minuman rendah kalori yang dapat membantumu mengatur dan mengurangi jumlah kalori yang kamu konsumsi. Selain itu, lemon tea juga mengandung phytochemical yang bermanfaat untuk melawan penyakit jantung, diabetes, kanker dan osteoporosis.

Santan mengandung lemak jenuh yang tinggi sehingga bisa mengganggu pencernaan. (Getty Images/Istockphoto/AmalliaEka)

3. Teh Pepermint

Pepermint terkenal ampuh meredakan sakit perut dan sering kali digunakan sebagai bahan utama dalam minuman hangat seperti teh. Kandungan peppermint dapat membantu menenangkan perut untuk meredakan rasa mual secara langsung

4. Wedang Jahe

Jahe dapat diolah menjadi wedang atau dicampurkan ke dalam teh yang akan membuat kondisi perut lebih tenang setelah banyak mengonsumsi makanan bersantan. Kandungan gingerols dan shogaols pada jahe akan meredakan peradangan yang terjadi pada pencernaan.

5. Apel

Apel mempunyai kandungan serat yang dapat memperlambat pencernaan sekaligus mengurangi rasa mual. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau membuatnya jadi jus apel yang nggak kalah enak.

6. Es Krim

Es krim, khususnya popsicle dengan rasa buah umumnya dapat membuat kita merasa segar dan menghilangkan rasa enek. Kamu bisa mengonsumsinya setelah makan masakan bersantan.

Itulah minuman-minuman yang bisa kamu siapkan bebarengan dengan menu-menu bersantan ya, Millens. Lebaran boleh makan enak, asal tetap terkendali. Sepakat? (Siti Khatijah/E07)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT