BerandaHits
Senin, 3 Mar 2024 18:33

Mengecat Rumah saat Hujan, Boleh Nggak Sih?

Ilustrasi: Mengecat rumah saat hujan. (Medcom/Shutterstock)

Kamu tahu kan kalau cat baru nggak tahan dengan air? Lantas, apakah sebaikna kita nggak mengecat rumah saat hujan?

Inibaru.id – Selain musim buah yang terus berganti, orang Indonesia pada umumnya hanya mengenal dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Nah, karena kita sedang berada di bulan-bulan pertama tahun ini, hujan masih cukup sering turun di berbagai tempat.

Musim hujan kerap dianggap sebagai musim pembawa berkah karena membuat tanaman jadi lebih subur dan sumber air melimpah. Tapi, bagi sebagian orang, musim hujan juga bisa jadi masalah, apalagi jika sampai menyebabkan bencana alam seperti banjir hingga tanah longsor.

Bagi orang yang sedang membangun rumah atau bangunan lainnya, musim hujan juga bisa menyebabkan kebingungan tersendiri. Hal serupa juga bisa dialami oleh mereka yang sedang merenovasi rumah, khususnya saat mengecat rumah. Soalnya, ada yang menyarankan kita untuk nggak mengecat rumah saat hujan.

Mengapa begitu? Kalau kamu mengecat tembok bagian luar rumah lalu terkena air hujan, maka cat tembok yang belum kering ini bisa luntur. Tentu saja hasil pengecatan jadi nggak baik, bukan? Bisa dikatakan, percuma deh mengecat bagian luar rumah saat hujan.

Beda cerita kalau kamu mengecat tembok bagian dalam rumah. Meski hujan turun, air hujan nggak akan memercik sampai ke dalam rumah. Asalkan jendela atau pintu ditutup mestinya.

Mengecat rumah sebaiknya dilakukan pas matahari terik. (Aquaproof)

Meski begitu, jika hujannya cukup deras dan disertai angin kencang sehingga membuat tembok juga tersiram, bakal membuat tembok jadi lebih lembap. Jika kamu mengecat sisi bagian dalam rumah dari tembok tersebut, maka catnya jadi lebih lama keringnya, deh. Kamu pun bakal membutuhkan waktu lebih lama untuk melakukan pengecatan kedua.

Khusus untuk dinding bagian luar rumah, setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih empat jam agar cat bisa benar-benar mengering karena terpapar sinar matahari. Sementara itu, untuk dinding bagian dalam, membutuhkan waktu lebih lama karena nggak terpapar sinar matahari secara langsung. Dalam beberapa kasus, waktu yang dibutuhkan bahkan bisa seharian, Millens.

Lantas, bagaimana jika kamu hanya punya waktu luang saat musim hujan untuk mengecat rumah? Karena biasanya hujan terjadi pada sore atau malam hari, nggak ada salahnya kalau kamu melakukan pengecatan pada pagi hari saja.

Selain itu, kamu juga bisa mengecek prakiraan cuaca untuk mengetahui apakah hujan akan turun atau tidak. Jika ternyata memang akan hujan deras, kamu tentu bisa menunda pengecatan di hari lain saja. (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT