BerandaHits
Senin, 6 Okt 2024 17:00

Mengapa Kucing Makan Rumput?

Kucing makan rumput. (Riau24)

Bukan herbivora ataupun omnivora, kucing sejatinya adalah pemakan daging. Tapi, kok terkadang kita melihat kucing makan rumput, ya? Ternyata ini alasannya.

Inibaru.id - Kamu memelihara kucing di rumah, Millens? Apa saja nih makanan kucing yang sudah pernah kamu berikan? Daging ikan yang dibeli di pasar, atau makanan kucing kemasan yang kamu beli di pet shop? Meski kamu sudah memberikan semua makanan tersebut, pasti pernah deh melihat kucing makan rumput, bukan?

Sejatinya, kucing adalah hewan karnivora alias pemakan daging, bukannya hewan omnivora alias pemakan segala. Namun, dalam beberapa kasus, kita bisa melihat kucing bisa makan makanan nabati seperti mentimun, semangka, sayuran, hingga yang terkadang kita lihat di halaman, yaitu rumput.

Yap, kalau kucingmu makan rumput layaknya sapi atau kambing, bukanlah sesuatu yang aneh. Mereka juga sebenarnya nggak memakannya karena rasanya enak. Bahkan, dalam beberapa kasus, setelah mengunyahnya, rumput yang sudah terlanjur tertelan juga kemudian dimuntahkan kembali.

Tapi, apa sih sebenarnya alasan kucing makan rumput? Kalau soal itu, Pets pada Senin (30/9/2024) mengungkapkan sejumlah faktornya. Berikut adalah alasan-alasan tersebut.

Mengatasi gangguan pencernaan

Kucing makan rumput untuk mengatasi gangguan pencernaan. (Shebacat)

Layaknya manusia, kucing juga bisa mengalami gangguan pencernaan, termasuk sakit perut. Nah, kucing punya naluri khas untuk mengatasi masalah sakit perut ini, yaitu dengan makan rumput untuk menghilangkan parasit di perutnya.

Setelah mengunyah rumput dan menelannya, rumput akan dibiarkan beberapa saat di perut dan kemudian dimuntahkan kembali. Setelah itu, biasanya sakit perut pada kucing akan berangsur-angsur mereda.

Kebiasaan kucing makan rumput untuk mengatasi sakit perut ini juga dilakukan sejumlah hewan karnivora liar lainnya serta sejumlah primata. Tujuannya sama, yaitu demi membersihkan usus dari sejumlah parasit.

Jadi pencahar

Terkadang, rumput yang dimakan kucing nggak dimuntahkan kembali, tapi terus diolah oleh sistem pencernaannya. Kalau sudah begini, biasanya gara-gara kucing mengalami sembelit dan pengin segera mengatasi masalah pencernaan tersebut.

Meski nggak diajari soal adanya kandungan serat di dalam rumput, kucing punya naluri untuk memakannya untuk mengatasi sembelit atau mengeluarkan bola-bola rambut yang tertelan di saluran pencernaannya.

Alasan mengapa kucing makan rumput ini sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari UC Davis Veterinary Schoolpada 2019 lalu, ya. Jadi, wajar kalau mereka melakukannya. Tapi, kalau kamu punya kucing peliharaan, pastikan kalau rumput yang mereka makan aman, bukannya yang sudah terpapar pestisida atau bahan kimia lainnya, Millens. Jadi, setelah memakannya, mereka nggak mudah sakit, deh. (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT