BerandaHits
Sabtu, 3 Feb 2023 19:29

Mengalami Writer’s Block? Berikut Tips untuk Mengatasinya

Ilustrasi menulis. (Freepik)

Saat mengalami writer’s block, penulis sering kali kesulitan untuk merangkai kata-kata dan kehabisan ide. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Inibaru.id - Writer’s block bisa dialami lantaran pengaruh stres, rasa perfeksionis, lingkungan, dan lain-lain. Tulisan bisa tersendat gara-gara hal ini.

Writer's block adalah kondisi penulis yang sedang mengalami kebuntuan dalam menuangkan ide dalam bentuk tulisan. Keinginan untuk menulis memang ada, tapi entah kenapa kamu nggak bisa menuliskan apapun.

Jangan salah, kondisi psikologis ini bisa dialami penulis amatir maupun profesional. Yap, seorang yang sudah terbiasa menulis sekalipun sangat mungkin mengalami jalan buntu untuk menyelesaikan tulisan.

Nah, kalau kamu sedang mengalami writer's block, ada beberapa cara yang bisa dicoba. Simak yuk!

1. Istirahat

Saat terkena writer’s block, yang perlu kamu lakukan adalah berhenti sejenak dan beristirahat. Memaksakan diri untuk menulis saat writer’s block justru akan membuat tulisanmu menjadi nggak banget. Karena itu, coba deh stop menulis dulu selama beberapa saat, sampai pikiranmu menjadi jernih dan lebih rileks.

2. Mencoba Hal Baru

Lakukanlah hal-hal lain atau baru, seperti menonton TV, jalan-jalan, menyapu, dan lain-lain. Yang penting kamu menjauh dulu dari meja tulis. Menggunakan barang baru untuk menulis juga bisa dilakukan untuk menghilangkan writer’s block, seperti memakai pulpen baru atau buku baru.

3. Tetap Menulis

Writer's block sering membuat para penulis kehabisan ide. (Freepik)

Pastikan kamu tetap menulis setiap harinya meskipun hanya sebentar. Kamu bisa menulis cerita pendek atau kerangka cerita. Tulis apapun yang terlintas di benak kamu.

4. Membaca Ulang Hasil Tulisan 

Setelah selesai menulis, kamu bisa membaca ulang tulisan dari awal sampai akhir. Disarankan untuk membaca ulang setelah mendiamkan tulisan beberapa saat. Ini dilakukan agar saat membaca pikiran cukup jernih untuk memperjelas di mana tulisan kamu yang kurang cocok dan memerlukan revisi.

5. Menulis Bebas

Setelah pikiran menjadi jernih dan rileks, kamu bisa melakukan free writing. Kamu menulis hal apa saja yang sedang kamu pikirkan, seperti curhatan, apa yang kamu suka, atau catatan rencana untuk liburan.

Meskipun terlihat sederhana, menulis bebas ternyata bisa bermanfaat untuk memicu ide kreatif untuk menulis. Saat free writing, kamu juga nggak perlu memikirkan tata bahasa, kerangka tulisan, atau topik.

Jadi gimana, Millens, sudah tahu harus apa kan ketika mengalami writer's block? (Adisty R Viendra/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT