BerandaHits
Sabtu, 16 Jun 2023 08:00

Manfaat yang Kamu Dapatkan saat Ada Air Purifier di Ruangan

Ilustrasi: Air purifier bisa meringankan alergi dengan menyaring partikel penyebab alergi mulai dari serbuk sari, debu, dan lain-lain. (Istimewa)

Untuk bisa menghirup udara bersih di tengah suasana perkotaan yang penuh dengan polusi, kita memerlukan alat bernama air purifier. Dengan pembersih udara tersebut, kita bisa mendapatkan banyak manfaat. Apa saja itu?

Inibaru.id - Menurut Air Quality Index (AQI), kualitas udara di Jakarta tergolong 'tidak sehat' dan masuk dalam yang terkotor tiga besar di dunia. Melansir dari IQAir, AQI menunjukkan bahwa Jakarta berada di angka 156 dan menduduki posisi kedua setelah Minneapolis, Amerika Serikat yang ada di angka 203 sebagai kota dengan udara terkotor di dunia.

Melihat fakta itu, kita jadi sadar kualitas udara yang nggak bagus sudah menjadi "teman akrab" sehari-hari. Ya, meski nggak semua dari kita tinggal di Jakarta, bukankah kita tetap harus waspada dengan dampak buruk menghirup udara yang terkena banyak polusi?

Bayangkan, di dalam ruangan saja, kita masih bisa tetap terpapar udara kotor dari asap rokok, partikel asap knalpot mobil dan alergen, serta masih banyak yang lainnya. Akibatnya, bisa saja kita mengalami masalah kesehatan dalam jangka waktu pendek ataupun panjang. Duh, jangan sampai, deh.

Manfaat Air Purifier

Ilustrasi: Air purifier mampu menyaring udara kotor dan menggantinya dengan udara bersih. (Pexels/Roman Koval)

Nah, di masa udara bersih sudah kian sulit dicari, banyak orang yang memanfaatkan alat bernama air purifier untuk menyaring udara yang ada di ruangan. Kita bisa menjumpai di rumah-rumah,hotel, dan kantor yang ada di perkotaan. Sebenarnya apa saja manfaat alat pembersih udara ini? Melansir dari Antara (26/8/2023), berikut adalah kegunaan air purifier, Millens.

1. Menghilangkan Bau

Menurut penelitian yang dilakukan Japan Spinners Inspecting Foudation, air purifier mampu menyaring bau nggak sedap pada ruangan. Udara kurang sedap pada umumnya mengandung partikel yang kurang baik saat terhirup.

2. Menyaring Virus dan Bakteri

Ada banyak penyakit yang bisa menular lewat udara. Hal ini disebabkan partikel-partikel udara tersebut dapat membawa bakteri dan virus penyebab penyakit, seperti flu dan batuk. Air purifier mampu menyaring udara kotor dan menggantinya dengan udara bersih.

3. Menghilangkan Gas Kimia Berbahaya di Udara

Selain menghilangkan virus dan bakteri, air purifier juga bisa memupus gas kimia berbahaya agar nggak terhirup oleh kita. Gas kimia berbahaya tersebut bisa timbul dari berbagai sumber seperti polusi, gas dari cairan pembersih lantai, obat nyamuk, dan masih banyak lagi.

4. Meringankan Alergi

Air purifier juga bisa meringankan alergi dengan menyaring partikel penyebab alergi mulai dari serbuk sari, debu, dan lain-lain. Seperti yang kita tahu, apabila partikel kotor tersebut terhirup melalui hidung, nggak jarang membuat kita lebih mudah bersin, batuk, hingga hidung mengeluarkan air.

Masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapat saat menggunakan alat ini. Kalau punya dana lebih, sepertinya membeli air purifier ini nggak akan rugi deh, Millens. Kan demi udara berkualitas yang kita hirup tiap detik. Iya, kan? (Siti Khatijah/E03)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT