BerandaHits
Kamis, 27 Des 2023 09:02

Langkah Menghindari Celaka ketika Rem Motor Matic Blong

Ilustrasi: Sebelum menempuh perjalanan, sebaiknya kita memeriksa kondisi kendaraan dulu termasuk bagian rem. (Istimewa)

Yang menjadi kekhawatiran saat terjadi rem blong ketika naik motor matic adalah kecelakaan yang bisa menyebabkan luka bahkan kematian. Untuk meminimalisi kemungkinan tersebut, lakukan langkah-langkah tepat berikut ini.

Inibaru.id - Kini banyak orang sudah terbiasa menggunakan motor matic. Pada motor jenis ini, pengendalian laju kecepatan dan rem berada di tangan kita. Karena hal itu juga, motor matic disukai orang-orang karena praktis dan mudah dioperasikan.

Tapi, terkadang ada hal yang nggak terduga bisa kita alami dengan motor matic, salah satunya rem blong saat melewati jalan menurun yang panjang. Saat rem blong, sebagai pengendara tentunya kita merasa takut karena itu bisa mengancam keselamatan.

Rem motor matic sendiri bisa blong karena rem yang ditekan terus menerus akan menimbulkan panas berlebih akibat gesekan antara cakram dan kampas rem. Akhirnya minyak rem pun mendidih dan menyebabkan angin palsu yang jadi penyebab rem blong.

Untuk menghindari hal ini, kita bisa selalu mempersiapkan langkah antisipatif dengan cara mempersiapkan dahulu perlengkapan berkendara dan pemeriksaan kendaraan sebelum menempuh perjalanan. Tapi, bagaimana sikap kita jika mengalami rem blong?

Yang pertama dan paling utama menghadapi hal ini tentu saja kita nggak boleh panik. Rem blong merupakan insiden yang kerap datang tiba-tiba. Menurut Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani, jika panik, kita nggak dapat berpikir dengan baik untuk menyelamatkan diri.

Beri Tanda untuk Pengendara Lain

Ilustrasi: Cari tempat yang sepi dan luas untuk jadi tujuan saat mengalami rem blong. (Suzuki)

Hal selanjutnya yang harus kita lakukan adalah memberi tanda kepada pengendara lain saat insiden tersebut dengan cara menyalakan klakson atau menghidupkan lampu sein. Meski kelihatannya sepele, namun cara tersebut memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menghidari tabrakan dengan pengendara lain. Selain itu, ketika orang tahu rem kita blong, mereka akan memberikan kita jalan.

Setelah itu, berusalah menjauhkan kendaraanmu dari jalan yang ramai, Millens! Kalau perlu, cari tempat yang sepi dan luas untuk jadi tujuan saat mengalami rem blong. Tujuannya adalah untuk menghindarkan diri dari insiden yang lebih parah.

"Jika salah satu rem terasa blong, sebaiknya segera menepi untuk mendinginkan piringan cakram dan kaliper. Tunggu sampai rem normal kembali," terang Muhammad Ali Iqbal, selaku Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta.

Soal cara mendinginkan piringan cakram, Iqbal menyarankan agar dilakukan secara alami saja, alias mengandalkan udara sekitar. Jangan pernah menyiramkan air saat cakram dalam kondisi panas, karena akan membuatnya jadi bengkok.

Itulah hal-hal yang bisa kita lakukan jika rem motor matic blong. Semoga hal buruk itu nggak pernah terjadi. Tapi, penting bagi kita mengetahui langkah-langkah antisipasinya. (Siti Khatijah/E07)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT