BerandaHits
Senin, 7 Apr 2024 17:00

Kucing Bersin Terus, Apa Penyebabnya?

Ilustrasi: Kucing bersin terus. (Unsplash/Jack Birnd)

Pernah nggak melihat kucing bersin terus-menerus? Kalau iya, kira-kira apa ya penyebabnya? Apakah perlu diperiksakan ke dokter hewan?

Inibaru.id – Kamu punya kucing bersin terus, Millens? Pada awalnya mungkin terlihat lucu, ya? Tapi, lambat laun pasti kamu kasihan melihatnya dan bahkan berpikir jika kucingmu sedang mengalami masalah. Lantas, kira-kira apa sih penyebab kucing bersin terus?

Sebenarnya, seperti manusia, kucing bersin akibat alasan yang nggak jauh beda, yaitu karena adanya benda asing yang masuk ke dalam rongga hidung. Sebagai contoh, jika hidung kemasukan debu atau benda asing lainnya, tentu akan langsung mengeluarkan reaksi berupa bersin untuk mengeluarkannya.

Masalahnya, terkadang kucing bisa bersin terus-menerus untuk beberapa saat. Kalau sudah begitu, menurut pakar kesehatan dari Happiest Dog Alex Crow menyebut besar kemungkinan kucing mengalami masalah yang nggak bisa disepelekan.

Berikut adalah masalah-masalah tersebut sebagaimana dilansir dari The Dodo, Minggu (7/4/2024).

Ada yang nyangkut pada rongga hidungnya

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, penyebab pertama kucing bersin terus-menerus mirip dengan manusia, yaitu ada yang menyangkut atau masuk ke dalam rongga hdungnya. Selain debu, bisa saja ada benda-benda berukuran kecil lain seperti serbuk sari, rumput, atau bahkan rambut yang tanpa sengaja mereka hirup dan akhrnya masuk ke dalam rongga hidung.

Benda-benda asing tersebut bakal menyebabkan munculnya reaksi alergi atau bahkan iritasi yang bisa berimbas pada kucing bersin. Biasanya sih, kalau sudah bisa dikeluarkan benda asingnya, bersin-bersin akan berhenti sendiri. Tapi, kalau kucing terus bersin, nggak ada salahnya memeriksakannya ke dokter hewan untuk mengetahui apa penyebab pastinya.

Mengalami alergi

Alergi bisa bikin kucing bersin terus-menerus. (Pixabay)

Penyebab lain dari kucing bersin terus-menerus adalah mengalai alergi. Biasanya sih, selain karena alergi udara, ada juga alergi makanan yang dikonsumsi kucing. Masalahnya, selain menyebabkan reaksi seperti bersin-bersin, terkadang reaksi lain yang lebih parah juga muncul seperti gatal-gatal atau bahaan infeksi telinga. Karena alasan inilah, sebaiknya kucing langsung diperiksakan ke dokter saja.

Mengalami masalah pada giginya

Jangan salah, jika kucing bersin terus, bisa jadi penyebabnya ternyata adalah masalah pada giginya, lo. Sebagai contoh, jika akar giginya rusak, bisa menyebabkan infeksi yang akhirnya merambat ke sinusnya deh.

Penyebab lain dari kucing bersin terus-menerus adalah infeksi pada saluran pernapasannya yang bisa saja dipicu oleh virus, bakteri, atau jamur. Kalau memang sudah begitu, ada baiknya kamu segera memeriksakannya ke dokter untuk ditangani, Millens. Setuju? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT