BerandaHits
Rabu, 7 Mar 2023 17:00

Kenali Tiga Infeksi yang Umum Terjadi saat Menstruasi

Ilustrasi: Menjaga kebersihan vagina berguna agar saat menstruasi vagina tetap segar dan bersih.(Pexels/Polina Zimmerman)

Saat menstruasi, kondisi vagina perempuan menjadi lebih rentan terkena infeksi. Itu disebabkan karena Ph di organ intim meningkat dan jadi tempat yang cocok untuk bersarangnya bakteri. Agar itu nggak terjadi, kamu perlu menjaga kebersihan.

Inibaru.id - Bagi beberapa perempuan, menstruasi adalah waktu mereka harus memperhatikan organ intimnya lebih intens. Itu karena pada saat datang bulan, vagina perempuan sangat rentan mengalami infeksi. Jika nggak ekstra hati-hati, infeksi yang sudah terjadi bisa makin parah.

Perlu kamu tahu, keasaman (pH) normal organ vital adalah 3,8-4,5. Kadar itu bisa naik selama menstruasi. Hal itulah yang menyebabkan jamur dan bakteri di vagina tumbuh dengan cepat saat menstruasi. Dengan begitu, alangkah baiknya bila perempuan memerhatikan gejala infeksi, terutama saat menstruasi.

Kamu perlu tahu bagaimana gejala infeksi tersebut, kan? Tanda dan gejala infeksi selama menstruasi yang ditimbulkan, seperti yang dikutip dari HealthShots adalah iritasi dan kemerahan pada vagina dan vulva; sensasi terbakar saat buang air kecil atau selama kontak seksual; gatal dan bengkak pada vulva; vagina nyeri dan pegal disertai ruam vagina; perbedaan keputihan dari encer hingga kental.

Jika sudah paham soal gejalanya, kamu juga harus tahu infeksi apa yang mungkin terjadi. Inilah infeksi menstruasi yang umum terjadi.

1. Infeksi Jamur

Ilustrasi: Infeksi menstruasi yang umumnya muncul adalah infeksi jamur, infeksi saluran kemih, dan infeksi bakteri vaginosis. (Pixabay/Pexels)

Dikenal juga sebagai kandidiasis vagina, infeksi jamur ini disebabkan oleh jamur candida. Infeksi ragi terjadi ketika tingkat ragi dan bakteri yang ada secara alami di vagina menjadi nggak seimbang. Kondisi ini menyebabkan peradangan disertai rasa gatal yang hebat dan keluarnya cairan putih kental dari vagina dan vulva, jaringan pada lubang vagina.

2. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

ISK merupakan jenis infeksi umum yang memengaruhi sistem saluran kemih. ISK dapat terjadi dan memengaruhi bagian mana pun dari sistem saluran kemih seperti uretra, ureter, kandung kemih, dan ginjal.

Seorang perempuan lebih mungkin terkena infeksi saluran kemih karena uretra, saluran yang membawa urine keluar dari tubuh, lebih pendek dan lebih dekat ke anus.

Bakteri Vaginosis

Ini adalah kondisi yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari bakteri berbahaya. Gangguan keseimbangan bakteri menyebabkan bakteri vaginosis.

Setidaknya 50 persen perempuan nggak menyadari terkena infeksi vagina ini karena nggak merasakan gejala sama sekali. Namun, bila mengalami keputihan berwarna keabuan dengan bau amis dan tekstur yang encer, kamu perlu curiga.

Nah, jika sudah mengerti soal infeksi menstruasi, itu artinya kamu harus menjaga organ intimmu dengan baik ya, Millens. Mentruasi adalah kejadian rutin yang perempuan alami. Maka dari itu, menjaga kebersihan vagina harus banget kamu lakukan. (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah terbit di Medcom dengan judul Lagi Datang Bulan? Waspadai 3 Infeksi Menstruasi yang Umum Terjadi.

Tags:

ARTIKEL TERKAIT