BerandaHits
Selasa, 15 Apr 2024 17:00

Kalau Panjang Umur, Berapa Lama Ayam Bisa Hidup?

Berapa lama ayam bisa hidup kalau nggak disembelih? (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Sebagian besar ayam nggak pernah mencapai masa tua karena lebih dulu disembelih manusia untuk dikonsumsi. Namun, jila berumur panjang, berapa lama ayam bisa hidup?

Inibaru.id – Ayam, sebagaimana anjing dan kucing, menjadi piaraan yang hampir selalu ada di setiap permukiman. Di mana pun kita berada, bukan perkara sulit untuk mendengar kokoknya pada pagi hari. Sebagian ayam dipelihara untuk kita konsumsi, meski ada sebagian kecil karena suara atau bentuknya.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), ayam ras pedaging atau ayam potong menjadi yang paling umum di Indonesia, dengan populasi jauh lebih besar ketimbang populasi manusia. Per 2022, jumlahnya mencapai lebih dari 3,1 miliar ekor, yang sebagian besar hidup di Jawa dan Sumatera.

Nah, karena sebagian besar ayam yang ada di Indonesia adalah ras pedaging, kita tentu sulit mengetahui berapa lama ayam bisa hidup lantaran mereka akan segera disembelih begitu memasuki usia potong atau sekitar 30-35 hari.

Wah, sesingkat itu, ya! Namun, pernahkah kamu berpikir, andai ayam-ayam tersebut nggak disembelih dan panjang umur, berapakah usia maksimal ayam?

Dikandang Bisa Hidup Lebih Lama

Nggak banyak ayam yang bisa berusia lebih dari 10 tahun. (Inibaru.id/ Audrian F)

Mengutip dari fakta yang diungkapkan IFL Science (22/3/2024), setelah berevolusi menjadi ayam hutan merah sekitar 10 ribu tahun yang lalu, rata-rata usianya mencapai 10 sampai 30 tahun. Namun, evolusi pula yang membuat usia ayam kemudian semakin pendek.

Ayam peliharaan misalnya, memiliki rata-rata usia hidup sekitar 6-8 tahun saja. Sementara, ayam yang dikandang bisa hidup sedikit lebih lama, yaitu 8-10 tahun. Ayam di penangkaran memang bisa hidup hingga maksimal 30 tahun, tapi biasanya nggak lebih dari 15-20 tahun.

Lalu, gimana dengan ayam pedaging yang biasa kita konsumsi? Jika nggak menemui ajal di tangan penjagal, ayam yang juga dikenal sebagai broiler ini rata-rata bakal bertahan hidup hingga maksimal usia enam tahun, meski tentu saja selalu ada yang lebih tua dari itu.

Nah, buat kamu yang hobi memelihara ayam, baik dengan tujuan untuk menjadikannya indukan, karena suaranya yang merdu, corak bulu yang rupawan, atau bentuk tubuhnya yang menawan, perlu dipahami bahwa usia mereka nggak panjang-panjang benget, ya! (Arie Widodo/E03)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT