BerandaHits
Selasa, 15 Apr 2024 11:00

Jangan Berlebihan, Ini Tips Membeli Oleh-Oleh dari Kampung Halaman

Salah satu bawaan saat kembali ke kota perantauan adalah oleh-oleh. (Antara)

Setelah beberapa hari berkunjung ke kampung halaman, kini saatnya kita kembali ke kota perantauan sembari membawa oleh-oleh. Jangan membeli oleh-oleh terlalu banyak ya, Millens!

Inibaru.id - Menyambangi kampung halaman dalam momentum mudik lebaran nggak hanya mengobati kerinduan kita kepada orang tua. Saat mudik, kita juga bertemu dengan kenangan-kenangan masa lalu dalam bentuk lingkungan tempat tinggal, makanan khas, dan orang-orang yang dulu mewarnai kehidupan kita.

Khusus untuk makanan, kita bisa membawanya kembali ke perantauan dalam bentuk oleh-oleh. Setiap daerah memiliki penganan khas yang sayang sekali jika nggak kita "angkut" dan dibagikan ke teman kerja atau kita nikmati sendiri saat sudah jauh dari kampung.

Tapi, tentu saja kita nggak bisa membawa makanan dari kampung sebanyak-banyaknya. Apalagi buat yang menempuh perjalanan dengan transportasi umum, barang bawaan ada batasannya. Selain itu, belanja yang banyak juga berarti kita harus mengalokasikan dana yang nggak kecil.

Nah, bagaimana tips membeli oleh-oleh biar nggak kebanyakan dan nggak menguras kantong kita? Simak caranya berikut ini!

1. Tentukan Alokasi Dana

Jika buah tangan dalam bentuk makanan, jangan lupa untuk mengecek tanggal kadaluarsa. (Radarmalang/Syifa Dzahabiyyah)

Menentukan budget atau anggaran dana untuk membeli oleh-oleh adalah hal yang penting. Sesuaikan pembelian kita dengan dana yang sudah ditentukan agar pengeluaran nggak membengkak. Jangan membeli oleh-oleh yang harganya mahal atau jumlahnya terlalu banyak sedangkan budget yang dimiliki nggak mencukupi.

2. Mencatat Siapa Penerima Oleh-Oleh

Supaya oleh-oleh yang dibeli nggak mubazir, kita sebaiknya mencatat siapa saja penerima oleh-oleh sebelum membelinya. Dengan melakukan hal ini, jumlah oleh-oleh atau cinderamata akan sesuai dengan jumlah orang yang menerimanya.

Selain itu, dengan mencatat, kita akan tahu oleh-oleh apa yang cocok diberikan kepada mereka. Jika sudah begini maka penerimanya akan merasa senang mendapatkan oleh-oleh.

3. Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Apabila berencana untuk membeli oleh-oleh berupa makanan, sebaiknya kita memperhatikan tanggal kadaluarsa yang tertera di kemasan makanan. Membeli makanan yang kadaluarsa akan sia-sia karena makanan tersebut sudah nggak layak konsumsi dan akhirnya dibuang. Pastikan juga untuk nggak membeli makanan yang sudah lama diproduksi karena bisa mempengaruhi kualitas makanan.

4. Oleh-Oleh Mudah Dibawa

Jangan membeli oleh-oleh yang sulit kita bawa. Saat membeli, sebaiknya memperhatikan kemasan atau bungkusnya. Hal ini bertujuan untuk memastikan jika bentuk dan kondisi barang akan tetap baik sampai diberikan kepada orang lain.

Apabila membeli oleh-oleh berupa makanan, pastikan dikemas dengan baik sehingga nggak hancur atau rusak selama di perjalanan.

Untuk oleh-oleh berupa sepatu atau topi bisa diletakkan di kardus atau kotak yang cukup kuat. Kita juga harus memastikan jika oleh-oleh yang dibeli nggak terlalu berat sehingga nggak menyulitkan saat di perjalanan.

Itu dia tips membeli oleh-oleh dari kampung halaman. Dengan menerapkan kiat-kiat tersebut, perjalanan menuju kota perantauan bisa berlangsung lancar, nggak terganggu oleh keribetan perkara buah tangan dari kampung halaman. (Siti Khatijah/E07)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT