BerandaHits
Senin, 15 Sep 2024 13:00

Indonesia Urutan 4 Negara Paling Rajin Bangun Pagi di Dunia

Indonesia masuk dalam daftar negara bangun paling pagi di dunia. (Unsplash/Bruce Mars)

Rata-rata orang Indonesia bangun pagi pukul 06.55 menurut data World Population Review. Hm, kok cukup siang, ya?

Inibaru.id – Dengan jumlah penduduk muslim mencapai lebih dari 242 juta orang per sensus 2021, Indonesia jadi negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Logikanya, karena warga muslim bangun sebelum matahari terbit untuk salat subuh, seharusnya warga Indonesia jadi yang paling rajin bangun pagi di seluruh dunia, ya?

Tapi, hal ini ternyata nggak terjadi, Millens. Indonesia ternyata hanya ada di urutan keempat negara paling rajin bangun pagi di dunia menurut situs World Population Review di artikel Average Wake-Up Time by Country 2024.

Dalam situs tersebut, disebutkan bahwa rata-rata orang Indonesia bangun pagi pada pukul 06.55 alias hampir pukul 07.00. Hm, padahal pada jam segitu, anak-anak sekolah di Indonesia sudah mulai masuk kelas dan banyak kaum pekerja yang sudah di jalan memakai kendaraan pribadi atau transportasi umum agar nggak terlambat ya?

Waktu bangun tidur ini cukup jauh jaraknya dari negara dengan peringkat 1 dengan warga paling rajin di dunia, yaitu Afrika Selatan pada 06.24. Hm, bahkan waktu ini masih cukup siang ya sebenarnya jika dibandingkan dengan kebiasaan bangun pagi orang Indonesia pada umumnya.

Berikut adalah data 10 besar negar paling rajin bangun pagi di dunia menurut World Population Review tersebut.

1. Afrika Selatan, pukul 06.24,

2. Kolombia, pukul 06.31,

3. Kosta Rika, pukul 06.38,

4. Indonesia, pukul 06.55,

5. Meksiko, pukul 07.09,

6. Jepang, pukul 07.09,

7. Selandia Baru, pukul 07.11,

8. Australia, pukul 07.13,

9. Swiss, pukul 07.13, dan

10. Republk Ceko, pukul 07.15.

Afrika Selatan jadi negara yang bangun paling pagi di dunia. (Klikdokter)

Belum ada kejelasan bagaimana pihak yang mengeluarkan data ini melakukan survei untuk menentukan kapan waktu rata-rata bangun warga dari sebuah negara. Yang pasti, hingga 20 besar dunia, Indonesia jadi satu-satunya negara mayoritas muslim yang masuk dalam data tersebut.

Setelah Indonesia, negara mayoritas muslim lainnya yang bangun pagi adalah Qatar dengan waktu 07.32 dan Malaysia dengan 07.41. Khusus untuk Malaysia, karena mereka memakai waktu yang sama dengan Waktu Indonesia Tengah (WITA), jika dibandingkan dengan Indonesia yang memakai WIB meski secara posisi sama dengan wilayah Indonesia yang memakai WIB, sebenarnya bangun lebih pagi, yaitu pada 06.41.

Yap, data ini mungkin nggak benar-benar valid karena nggak menunjukkan realita yang sebenarnya. Tapi setidaknya ini menunjukkan kalau orang Indonesia pekerja keras dan bangun lebih pagi dari rata-rata waktu bangun pagi orang-orang dari negara lain.

Kalau menurut kamu sendiri, Millens, setuju nggak nih dengan data ini? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT