BerandaHits
Jumat, 27 Jun 2024 14:00

'I Am What I Am', Film tentang Perempuan yang Nggak Bisa Jatuh Cinta

Toko Miura di film 'I Am What I Am'. (Rabbit House/not HEROINE Movies/js_film_nyc)

Bagaimana jika di dunia ini ada orang yang nggak bisa jatuh cinta? Inilah yang dijabarkan dalam film 'I Am What I Am' yang dibintangi Toko Miura. Apakah hidupnya bakal terlihat mengenaskan atau malah bahagia?

Inibaru.id – Buat kamu yang pengin nonton film berkualitas secara daring, nggak ada salahnya menilik Japanese Film Festival Online 2024. Di sana, kamu bisa nonton sejumlah film menarik. Salah satunya adalah film I Am What I Am yang dibesut sutradara Shinya Tamada.

Situs resmi festival film daring yang bisa kamu nikmati secara gratis tersebut adalah Jff.jpf.go.jp. Festival ini dibuka dari 5 Juni 2024 sampai 3 Juli 2024. Jadi, asalkan kamu punya internet kencang, nggak bakal rugi deh mencoba untuk nonton.

Lantas, mengapa yang direkomendasikan adalah film I Am What I Am? Alasan pertama, film yang dirilis pada 2022 lalu ini dibintangi Toko Miura. Dia adalah aktris yang jadi sopir bernama Misaki Watari di film yang memenangi Best International Feature Film di Oscars 2022, Drive My Car.

Tapi, bukan karena paras cantik atau akting ciamik dari Toko Miura yang jadi daya tarik utama dari film ini, melainkan temanya yang sangat nggak biasa, yakni film ini justru jadi anti dari drama romantis. Yap, di film ini, Toko Miura memerankan Kasumi Sobata yang nggak bisa jatuh cinta, nggak mau jatuh cinta, dan bahkan nggak mau menikah. Padahal, usianya sudah 30-an.

Bukannya ikutan tren nggak mau menikah dan punya anak di Jepang, Sobata benar-benar nggak tahu rasa atau caranya jatuh cinta meski di sepanjang film dia bertemu banyak orang yang terkesan cocok dengan kepribadiannya yang easy going. Tapi, gara-gara hal itu pula, dia jadi sering terkena masalah saat menjalin hubungan dengan lawan jenis yang dia anggap sebagai teman saja.

'I Am What I Am' menyuguhkan tema yang berbeda berupa cerita seorang perempuan yang nggak bisa jatuh cinta. (Rabbit House/not HEROINE Movies)

Sobata juga mengalami masalah dengan keluarganya yang sudah gerah karena di usia 30-an, masih nggak mau punya pacar atau berencana untuk menikah. Padahal, bisa dikatakan Sobata sangat menikmati kehidupan sehari-harinya, termasuk pekerjaannya di sebuah sekolah.

Pada akhirnya, kita disuguhi Sobata yang berusaha untuk masa bodoh dengan tuntutan keluarga dan anggapan banyak orang bahwa perempuan dewasa sepertinya harus punya pasangan atau menikah. Dia juga menikmati berbagai momen kecil dalam hidupnya, termasuk hubungan persahabatan dengan banyak orang di sekitarnya.

Sekilas, film ini mengingatkan kita pada novel Convenience Store Woman karya Sayaka Murata yang isinya juga mengungkap seorang perempuan yang memilih untuk hidup biasa saja tanpa pasangan. Tapi, di film ini, kamu bisa melihat betapa bahagianya sebenarnya orang-orang seperti Sobata yang bisa hidup bebas.

Gimana, tertarik dengan film anti-romantis I Am What I Am, Millens? Cobain deh, dijamin seru, kok! (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT