BerandaHits
Sabtu, 2 Feb 2024 16:09

Hoaks Seputar Pemilu Mulai Menyerang, Mafindo: Terbanyak di Youtube

Konten hoaks seputar pemilu paling banyak tersebar melalui Youtube. (Freepik)

Setiap kali negara kita hendak menyelenggarakan pemilu, selalu saja banyak hoaks yang tersebar. Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo) mengatakan, berita hoaks paling banyak tersebar melalui platform youtube.

Inibaru.id – Penyebaran hoaks mendekati event besar Indonesia, termasuk Pemilu bukanlah hal baru. Ironis memang, pemerintah seperti sudah kehabisan akal untuk membasminya.

Bahkan, Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo) telah mengungkapkan temuan mengkhawatirkan sebanyak 2.330 hoaks selama tahun 2023, di mana hoaks politik mencapai 1.292, dan sebanyak 645 di antaranya berhubungan langsung dengan Pemilu 2024. Miris ya?

Perlu dicatat bahwa jumlah hoaks politik ini dua kali lipat lebih tinggi daripada jumlah hoaks serupa pada musim Pemilu 2019 yang hanya mencapai 644.

Dalam konteks ini, persentase hoaks politik pada tahun 2023 mencapai 55.5%, menandakan peningkatan yang signifikan dan kembali mendominasi topik hoaks pasca-2019. Ini menjadi perhatian serius karena masifnya hoaks politik dapat mengganggu demokrasi, mengacaukan kejernihan informasi, dan bahkan mengajak masyarakat menolak hasil pemilu.

Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya komprehensif untuk mencegah dan menangani hoaks guna menjaga kedamaian Pemilu 2024.

Dalam penelitian ini, Mafindo menemukan bahwa platform Youtube menjadi tempat paling umum ditemukannya hoaks, mencapai 44.6%, diikuti oleh Facebook (34.4%), Tiktok (9.3%), Twitter atau X (8%), Whatsapp (1.5%), dan Instagram (1.4%).

“Dominasi konten hoaks berupa video menjadi tantangan besar bagi ekosistem periksa fakta, karena konten hoaks video cepat sekali viral karena sering dibumbui dengan elemen yang emosional. Sedangkan upaya periksa fakta konten video membutuhkan proses yang lebih lama ketimbang foto atau teks,” jelas Ketua Presidium Mafindo Septiaji Eko Nugroho, Kamis (1/2/2024).

Jangan sampai banyaknya konten hoaks melalui deepfake menggiring opini kita ya. (dok. perludem)

Menjelang Pemilu 2024, teknologi kecerdasan buatan (AI) turut berkontribusi dengan munculnya konten deepfake, seperti video pidato Presiden Jokowi dalam bahasa Mandarin.

“Terlebih konten hoaks yang dibuat menggunakan AI, tidak mudah untuk bisa mendapatkan kesimpulan apakah itu hoaks atau bukan.”

Sementara itu, Ketua Komite Litbang Mafindo, Nuril Hidayah (Vaya) menyebutkan bahwa hoaks pada Pemilu 2024 didominasi oleh konten video, berbeda dengan Pemilu 2019 yang lebih banyak berupa foto atau gambar. Hal ini menjadi tantangan bagi pemeriksa fakta, mengingat proses periksa fakta konten video membutuhkan waktu lebih lama.

Nggak Pandang Bulu

Semua kandidat presiden dan calon wakil presiden menjadi sasaran utama hoaks politik, baik dengan narasi positif maupun negatif. Anies Baswedan menjadi yang paling banyak disebut, dengan 206 narasi positif dan 116 narasi negatif.

Konten hoaks politik masih didominasi oleh serangan antarpendukung kandidat, meskipun tingkat polarisasi dengan isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) cenderung lebih rendah daripada Pemilu 2019.

“Namun, jika pilpres masuk ke putaran kedua, perlu diwaspadai peningkatan hoaks dan ujaran kebencian yang menggunakan isu SARA,” ujar Septiaji.

Topik hoaks yang paling sering muncul adalah dukungan/pengakuan kepada kandidat (33.1%), isu korupsi (12.8%), penolakan terhadap kandidat (10.7%), karakter atau gaya hidup negatif kandidat (7.3%), isu kecurangan pemilu (5%), dan isu SARA (3.9%).

“Isu kecurangan pemilu harus disikapi dengan sangat serius oleh penyelenggara pemilu. Karena isu ini yang diprediksi meningkat tajam setelah hari-H (14 Februari 2024), dan berpotensi membuat orang menolak hasil pemilu dan memantik keonaran. Kami sudah menemukan beberapa konten hoaks yang mendelegitimasi penyelenggaraan pemilu seperti hoaks mobilisasi ODGJ (orang dengan gangguan jiwa), hoaks sistem teknologi informasi (TI) KPU, dan isu keberpihakan penyelenggara pemilu,” sambung Septiaji.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Mafindo bersama dengan Bawaslu RI, Koalisi Masyarakat Sipil Lawan Disinformasi Pemilu 2024, Koalisi Cekfakta.com, dan Koalisi DAMAI, telah berkolaborasi dalam upaya monitoring, pelaporan, dan penanganan hoaks.

Mereka juga aktif memproduksi konten prebunking atau pencegahan hoaks, terutama dalam bentuk video. Kolaborasi ini diharapkan dapat terus ditingkatkan dengan melibatkan platform digital, penyelenggara pemilu, pemerintah, dan warganet, guna menghadang hoaks Pemilu 2024.

Lantaran hoaks seputar pemilu dan para kandidat capres-cawapres sudah menyebar, yuk ah lebih berhati-hati dengan berita yang kita asup. Jangan sampai berita bohong bikin penilaian kita menjadi berat sebelah. Betul nggak? (Siti Zumrokhatun/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT

Bakmi Palbapang Pak Uun Bantul, Hidden Gem Kuliner yang Bikin Kangen Suasana Jogja

2 Des 2025

Bahaya Nggak Sih Terus Menancapkan Kepala Charger di Soket Meski Sudah Nggak DIpakai?

2 Des 2025

Lebih Mudah Bikin Paspor; Imigrasi Semarang Resmikan 'Campus Immigration' di Undip

2 Des 2025

Sumbang Penyandang Kanker dan Beri Asa Warga Lapas dengan Tas Rajut Bekelas

2 Des 2025

Mengapa Kebun Sawit Nggak Akan Pernah Bisa Menggantikan Fungsi Hutan?

2 Des 2025

Longsor Berulang, Sumanto Desak Mitigasi Wilayah Rawan Dipercepat

2 Des 2025

Setujui APBD 2026, DPRD Jateng Tetap Pasang Target Besar Sebagai Lumbung Pangan Nasional

28 Nov 2025

Bukan Hanya Padi, Sumanto Ajak Petani Beralih ke Sayuran Cepat Panen

30 Nov 2025

Pelajaran Berharga dari Bencana Longsor dan Banjir di Sumatra; Persiapkan Tas Mitigasi!

3 Des 2025

Cara Naik Autograph Tower, Gedung Tertinggi di Indonesia

3 Des 2025

Refleksi Akhir Tahun Deep Intelligence Research: Negara Harus Adaptif di Era Kuantum!

3 Des 2025

Pelandaian Tanjakan Silayur Semarang; Solusi atau Masalah Baru?

3 Des 2025

Spunbond, Gelas Kertas, dan Kepalsuan Produk Ramah Lingkungan

3 Des 2025

Regenerasi Dalang Mendesak, Sumanto Ingatkan Wayang Kulit Terancam Sepi Penerus

3 Des 2025

Ajak Petani Jateng Berinovasi, Sumanto: Bertani Bukan Lagi Pekerjaan Sebelah Mata

23 Nov 2025

Sumanto: Peternakan Jadi Andalan, Tapi Permasalahannya Harus Diselesaikan

22 Nov 2025

Versi Live Action Film 'Look Back' Garapan Koreeda Hirokazu Dijadwalkan Rilis 2026

4 Des 2025

Kala Warganet Serukan Patungan Membeli Hutan Demi Mencegah Deforestasi

4 Des 2025

Mahal di Awal, tapi Industri di Jateng Harus Segera Beralih ke Energi Terbarukan

4 Des 2025

Tentang Keluarga Kita dan Bagaimana Kegiatan 'Main Sama Bapak' Tercipta

4 Des 2025

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

A Group Member of

Ikuti kamu di: