BerandaHits
Selasa, 3 Apr 2023 09:01

Dongkrak Penjualan Menggunakan Food Vlogger, Begini Caranya

Ilustrasi: Food vlogger adalah seseorang yang membuat konten video di platform media sosial dengan fokus pada topik makanan dan kuliner. (Hipwee/Tastemade)

Seorang food vlogger bisa memberikan pengaruh kepada para pengikutnya. Jadi, kamu bisa menggunakan jasanya untuk mendongkrak penjualan. Bingung bagaimana cara memulainya? Yuk simak tipsnya!

Inibaru.id - Mengembangkan usaha di bidang kuliner itu gampang-gampang susah. Tapi ada satu hal yang pasti, pelanggan akan selalu mencari makanan yang enak. So, jika kamu sedang menjalani bisnis makanan, pastikan produkmu memiliki cita rasa yang lezat dulu ya, Millens.

Sudah mempunyai modal produk jualan dengan rasa yang enak, langkah selanjutnya adalah pemasaran. Jika beberapa tahun lalu cara woro-woro terbatas hanya dengan menyebar brosur, iklan di radio, atau menjadi sponsorship sebuah event, berbeda dengan sekarang.

Semaraknya dunia maya sekarang ini juga berimbas pada pesatnya digital marketing atau pemasaran secara digital. Nah, di dunia industri kuliner, salah satu cara melakukan digital marketing adalah dengan menggunakan jasa food vlogger.

Food vlogger adalah seseorang yang membuat konten video di platform media sosial atau platform berbagi video seperti YouTube, dengan fokus pada topik makanan dan kuliner. Food vlogger biasanya merekam diri sendiri saat mencoba makanan di restoran atau tempat makan, dan memberikan ulasan, tips, atau rekomendasi mengenai makanan yang dicicipinya.

Tips Memilih Food Vlogger

Ilustrasi: Semakin banyak pengikut food vlogger, maka semakin banyak orang yang melihat konten promosi produk jualanmu. (Sutterstock)

Namun, kamu nggak bisa sembarangan memilih food vlogger ya, Millens. Ada beberapa pertimbangan agar jalan marketing yang kamu tempuh itu efektif dan berhasil menggaet pelanggan. Kamu mau tahu apa saja tips memilih food vlogger supaya bisa mendongkrak penjualan? Ini dia.

1. Sesuaikan dengan target pasar

Pilih food vlogger yang kontennya sesuai dengan pasar target produk makananmu. Misalnya, jika produk makananmu dikhususkan untuk mahasiswa, maka cari food vlogger yang kontennya sesuai dengan mahasiswa dan anak muda.

2. Cek reputasi

Pastikan food vlogger yang kamu pilih memiliki reputasi yang baik di dunia daring. Cari tahu seberapa banyak pengikut vlognya dan seberapa sering kontennya mendapatkan like dan komentar dari para pengikutnya.

3. Pertimbangkan jumlah pengikut

Pilih food vlogger yang memiliki pengikut yang banyak, karena semakin banyak pengikut, semakin banyak pula yang akan melihat konten promosi produkmu.

Tanboy Kun, salah satu food vlogger yang menyajikan video review makanan di kanal Youtube. (Youtube)

4. Pertimbangkan jumlah interaksi

Selain jumlah pengikut, pertimbangkan juga jumlah interaksi yang diterima oleh konten vlogger, seperti jumlah like, komentar, dan share. Hal ini menunjukkan bahwa konten yang diproduksi vlogger memiliki pengaruh besar di kalangan pengikutnya.

5. Pertimbangkan gaya video

Pilih food vlogger yang gaya videonya sesuai dengan merek dan produkmu. Ada food vlogger yang memiliki gaya videonya kasual dan santai, sementara ada yang lebih profesional dan formal. Pilihlah vlogger yang cocok dengan gaya jenama produkmu.

6. Evaluasi hasil

Setelah kamu menggunakan jasa food vlogger, evaluasi hasilnya dengan melihat seberapa banyak pengikut baru yang terlibat dengan jualanmu setelah konten promosi produk diposting oleh vlogger tersebut.

Setelah tahu tipsnya, kini kamu sudah mempunyai bayangan akan bekerja sama dengan food vlogger siapa, Millens? Selamat mencoba teknik digital marketing ini, ya! (Siti Khatijah/E07)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT

Bakmi Palbapang Pak Uun Bantul, Hidden Gem Kuliner yang Bikin Kangen Suasana Jogja

2 Des 2025

Bahaya Nggak Sih Terus Menancapkan Kepala Charger di Soket Meski Sudah Nggak DIpakai?

2 Des 2025

Lebih Mudah Bikin Paspor; Imigrasi Semarang Resmikan 'Campus Immigration' di Undip

2 Des 2025

Sumbang Penyandang Kanker dan Beri Asa Warga Lapas dengan Tas Rajut Bekelas

2 Des 2025

Mengapa Kebun Sawit Nggak Akan Pernah Bisa Menggantikan Fungsi Hutan?

2 Des 2025

Longsor Berulang, Sumanto Desak Mitigasi Wilayah Rawan Dipercepat

2 Des 2025

Setujui APBD 2026, DPRD Jateng Tetap Pasang Target Besar Sebagai Lumbung Pangan Nasional

28 Nov 2025

Bukan Hanya Padi, Sumanto Ajak Petani Beralih ke Sayuran Cepat Panen

30 Nov 2025

Pelajaran Berharga dari Bencana Longsor dan Banjir di Sumatra; Persiapkan Tas Mitigasi!

3 Des 2025

Cara Naik Autograph Tower, Gedung Tertinggi di Indonesia

3 Des 2025

Refleksi Akhir Tahun Deep Intelligence Research: Negara Harus Adaptif di Era Kuantum!

3 Des 2025

Pelandaian Tanjakan Silayur Semarang; Solusi atau Masalah Baru?

3 Des 2025

Spunbond, Gelas Kertas, dan Kepalsuan Produk Ramah Lingkungan

3 Des 2025

Regenerasi Dalang Mendesak, Sumanto Ingatkan Wayang Kulit Terancam Sepi Penerus

3 Des 2025

Ajak Petani Jateng Berinovasi, Sumanto: Bertani Bukan Lagi Pekerjaan Sebelah Mata

23 Nov 2025

Sumanto: Peternakan Jadi Andalan, Tapi Permasalahannya Harus Diselesaikan

22 Nov 2025

Versi Live Action Film 'Look Back' Garapan Koreeda Hirokazu Dijadwalkan Rilis 2026

4 Des 2025

Kala Warganet Serukan Patungan Membeli Hutan Demi Mencegah Deforestasi

4 Des 2025

Mahal di Awal, tapi Industri di Jateng Harus Segera Beralih ke Energi Terbarukan

4 Des 2025

Tentang Keluarga Kita dan Bagaimana Kegiatan 'Main Sama Bapak' Tercipta

4 Des 2025

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

A Group Member of

Ikuti kamu di: