BerandaHits
Selasa, 13 Feb 2023 11:53

Cara Mudah Meredakan Rasa Sakit karena Kram Perut

Kram perut biasanya dirasakan ketika beraktivitas. (Istimewa)

Kram perut atau penegangan otot bagian perut sungguh sakit dan nggak nyaman. Kamu yang sering merasakan kram perut saat sedang beraktivitas, ketahuilah cara mudah meredakannya.

Inibaru.id - Otot perut terkadang bisa tiba-tiba tegang dan menimbulkan rasa sakit. kondisi tersebut lazim dinamakan kram perut. Situasi itu bisa datang kapan saja dan nggak bisa kita prediksi.

Penyebab rasa kram pada bagian perut bisa bermacam-macam, antara lain dehidrasi, penumpukan gas di dalam lambung, keracunan makanan, menstruasi, dan menderita penyakit tertentu seperti diare, sindrom iritasi usus besar, gastritis, konstipasi, infeksi virus, atau alergi makanan.

Saat kram perut datang, sebaiknya kamu nggak panik dan lakukan beberapa cara untuk mengatasinya.

Inilah lima tindakan yang bisa kamu lakukan untuk meredam rasa sakit akibat kram perut.

1. Kompres Hangat

Mengompres perut ketika kram bisa meredakan gejalanya. (Getty Images)

Cara yang pertama ini adalah kompres hangat pada bagian atau area perut yang terasa kram. Hal ini dapat membantu otot perut menjadi lebih rileks, terutama pada kasus kram perut yang disebabkan oleh otot yang meregang, seperti setelah berolahraga.

2. Pijat Lembut

Selain meletakkan kompres hangat, memijat lembut area otot perut yang kram juga diketahui mampu membuat otot tersebut menjadi rileks atau lemas.

3. Konsumsi Teh

Mengonsumsi teh herbal, seperti teh jahe, teh chamomile, teh peppermint atau teh kayu manis dipercaya bisa menjadi salah satu cara mengatasi kram perut terutama jika disebabkan oleh siklus menstruasi.

4. Minum Pereda Nyeri

Pereda nyeri, seperti ibuprofen atau paracetamol, diketahui bisa membantu mengatasi kram perut. Namun, penggunaan obat ini harus sesuai dengan anjuran yang tertera di kemasan agar nggak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

5. Antasida

Apabila kram perut disebabkan oleh gastritis, kamu bisa mengonsumsi antasida. Antasida diketahui dapat membantu mengurangi kadar asam lambung sehingga dapat meredakan keluhan kram perut.

6. Antipasmodik

Kram perut bisa disebabkan oleh sindrom iritasi usus besar. Jika kram perut disebabkan oleh kondisi ini, kamu bisa mengonsumsi obat sebagai salah satu cara mengatasi kram perut.

Obat antipasmodik diketahui dapat melemaskan otot, termasuk otot usus.

Setelah mengetahui cara-cara tadi, semoga kamu nggak akan panik jika tiba-tiba kram perut datang ya, Millens! (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah terbit di Media Indonesia dengan judul Penyebab dan Cara Mengatasi Kram Perut.

Tags:

ARTIKEL TERKAIT