BerandaHits
Senin, 17 Mar 2024 14:34

Buka Puasa dengan Air Kelapa Muda, Ide Bagus?

Buka puasa dengan air kelapa muda. (Astronauts.id)

Terpikir nggak buka puasa dengan air kelapa muda, bukannya es teh atau minuman kekinian lainnya? Ternyata, manfaatnya cukup banyak, lo. Apa saja, ya?

Inibaru.id – Apa nih menu favorit buka puasamu, Millens? Air putih, es teh, jus buah, atau malah minuman bersoda? Omong-omong, pernah terpikir nggak untuk buka puasa dengan air kelapa muda?

Sebenarnya, ada cukup banyak penjual air kelapa muda yang bisa kamu temui di pinggir jalan. Kebanyakan dari mereka juga dijejali pembeli yang pengin mendapatkan minuman berbuka yang menyegarkan.

Nah, ternyata, berbuka puasa dengan air kelapa muda bisa lebih dari sekadar memberikan kesegaran. Pasalnya, nutrisi yang ada dalam minuman ini bisa memberikan banyak manfaat bagi kondisi tubuhmu yang seharian nggak mendapatkan asupan makanan dan minuman apapun karena berpuasa.

Hal ini diungkap di situs Kementerian Kesehatan pada Kamis (8/6/2023) lalu. Jika dibandingkan dengan minuman-minuman berbuka lainnya yang biasanya sudah diberi tambahan gula dalam jumlah banyak, air kelapa muda alami, tanpa tambahan gula atau sirop, bisa jadi alternatif hidangan berbuka yang jauh lebih sehat sekaligus nikmat.

Air kelapa muda sehat bagi tubuh. (Ovutest)

Pasalnya, di dalam air kelapa muda terdapat kandungan kalium yang cukup banyak, lo. Per liternya, kamu bisa menemukan 7.300 miligram kalium. Nah, dengan mendapatkan asupan kalium ini, tubuh pun bisa segera mendapatkan pengganti cairan tubuh yang selama seharian berkurang drastis karena beruasa.

Lebih dari itu, ada banyak sekali manfaat kesehatan lain yang bisa kamu dapatkan jika buka puasa dengan air kelapa muda. Berikut adalah manfaat-manfaat tersebut.

1. Mengatasi dehidrasi dengan cepat efektif,

2. Membantu tubuh mengendalikan kadar gula darah,

3. Membantu tubuh mengendalikan tekanan darah agar tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah,

4. Menurunkan risiko terkena batu ginjal,

5. Menurunkan kadar kolesterol jahat dari dalam tubuh sehingga berimbas pada menurunnya risiko terkena penyakit jantung atau penyakit kardiovaskular lainnya,

6. Membantu tubuh memperbaiki sekaligus mencegah kerusakan sel-sel akibat paparan radikal bebas, dan

7. Mengatasi diare, penyakit yang sering muncul pada bulan Ramadan.

Satu hal yang pasti, ada baiknya kamu minum air kelapa yang nggak diberi tambahan gula atau sirop untuk mendapatkan manfaat-manfaat kesehatan tubuh. Toh, air kelapa muda sudah memiliki rasa manis alami yang lezat. Apalagi jika kamu juga bisa merasakan daging buahnya yang enak.

Jadi, gimana, Millens, tertarik untuk berbuka puasa dengan air kelapa sore ini? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT