BerandaHits
Minggu, 21 Sep 2024 15:28

BMKG: Awal Musim Hujan di Indonesia Mundur

Awal musim hujan 2024 mundur. (Medcom)

BMKG memrediksi awal musim hujan di Indonesia mundur. Berikut adalah rincian data wilayah yang akan memasuki musim hujan pada September, Oktober, dan November 2024.

Inibaru.id – Setelah di sejumlah daerah sempat turun hujan selama beberapa hari pada beberapa minggu yang lalu, cuaca Indonesia kembali panas dan kering khas musim kemarau. Hal ini sesuai dengan keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menyebut saat ini masih musim kemarau. Bahkan, BMKG memprediksi kalau awal musim hujan bakal mundur dari prediksi sebelumnya di sebagian wilayah Indonesia.

Menurut Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, wilayah yang mengalami awal musim hujan mundur adalah sebagian Pulau Jawa, Papua, Maluku, dan Sulawesi.

“Pola curah hujan di Indonesia bervariasi. Hal inilah yang bikin awal musim hujan di Indonesia nggak terjadi secara bersamaan,” ucapnya dalam konferensi pers daring resmi BMKG yang digelar Kamis (19/9/2024).

Meski di sejumlah daerah sudah ada yang memasuki musim hujan sejak Agustus 2024 lalu, sebagian besar wilayah di Indonesia baru memasukinya pada September, Oktober, serta November 2024. Nah, berikut adalah rincian wilayah yang memasuki musim hujan pada bulan-bulan tersebut.

1.       September 2024

Musim hujan di Indonesia akan turun di September, Oktober, dan November 2024. (X/Zakiberkata)

Wilayah yang memasuki musim hujan pada September 2024 adalah Sumatera Utara, Jambi, bagian selatan Provinsi Riau, Bengkulu, sebagian wilayah Kalimantan Barat, Tengah, dan Timur, dan sebagian wilayah Papua.

2.       Oktober 2024

Sebagian besar wilayah di Jawa baru memasuki musim hujan pada Oktober 2024 bersama dengan sebagian besar wilayah Sumatera Selatan dan Kalimantan. Papua barat, Maluku Utara, dan sebagian kecil wilayah Maluku juga akan mengalaminya pada bulan tersebut sebagaimana pesisir barat Sulawesi Selatan dan pesisir utara Sulawesi Utara.

3.       November 2024

Wilayah Indonesia yang bakal mendapatkan awal musim hujan paling terakhir adalah bagian timur Jawa, bagian selatan Lampung, sebagian besar Sulawesi, seluruh wilayah Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat, serta bagian selatan Merauke.

Wilayah-wilayah yang lebih dulu memasuki musim hujan mengalami kondisi suhu muka laut yang cukup hangat. Meski bakal bikin suhu udara jadi sedikit turun dan membuat sumber air melimpah, BMKG menyarankan warga di wilayah tersebut mewaspadai potensi bencana hidrometeorolog, apalagi jika hujan turun sangat deras dan disertai angin kencang.

Wah, ternyata awal musim hujan akan mundur. Kalau di daerahmu, apakah juga masih kering, Millens? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT