BerandaHits
Senin, 8 Sep 2024 13:01

Biar Dapat yang Murah, Ini Waktu Terbaik Memesan Tiket Pesawat

Ilustrasi: Memesan tiket pesawat. (Sediksi)

Pengin pakai pesawat tapi takut harga tiketnya mahal? Pesan saja pada hari dan waktu ini, Millens.

Inibaru.id – Harga tiket pesawat untuk penerbangan lokal belakangan ini memang sangat mahal. Bahkan, banyak yang lebih mahal dibandingkan dengan tiket penerbangan internasional. Tapi, bukan berarti kamu sudah nggak punya kesempatan mendapatkan tiket pesawat yang murah, Millens.

Soalnya, sejumlah situs atau agensi yang sering mengurus berbagai hal tentang penerbangan dan akomodasi juga mempelajari kapan waktu terbaik memesan tiket pesawat agar mendapatkan harga terbaik. Hm, kira-kira, kapan ya waktu tersebut?

Air Travel Hacks 2024 Expedia, misalnya, sudah mengungkap waktu tersebut, yaitu hari Minggu. Intinya, kalau menurut laporan yang diungkap Travel and Leisure tersebut, kamu bisa mendapatkan harga yang murah jika memesan tiket pesawat pada hari Minggu.

“Dulu biasanya hari Selasa adalah hari terbaik untuk memsan tiket pesawat. Tapi, setelah kami menganalisis jutaan pemesanan tiket dalam dua tahun belakangan, ditemukan fakta kalau membeli tiket pesawat pada hari Minggu ternyata harganya bisa 13 persen lebih murah,” ungkap pakar perjalanan dari Expedia Christie Hudson.

Harinya sudah ditemukan. Tapi, apakah ada jam-jam tertentu di mana tiket bisa lebih murah? Kalau soal ini, Expedia memastikan kalau nggak ada patokan tertentu soal kapan kamu harus membelinya.

Kamu bisa membeli tiket pesawat pada hari Minggu. (Blibli)

“Waktu penetapan harganya dinamis. Jadi kami nggak menemukan waktu spesifik pada Minggu yang ideal untuk mendapatkan tiket termurah,” lanjut Hudson.

Meski begitu, dia menyarankan kamu untuk memakai tips-tips berikut ini agar bisa mendapakan tiket pesawat termurah. Simak baik-baik, ya!

  • Pesan tiket jauh-jauh hari. Kalau tiket internasional, sebaiknya dipesan 60 hari sebelumnya. Sementra itu, untuk tiket domestic idealnya dipesan 28 hari sebelumnya;
  • Biasanya hari penerbangan Kamis adalah yang termurah meski terkadang hal ini berubah tergantung pada musim;
  • Nggak perlu ragu untuk rutin mengecek harga secara rutin untuk mendapatkan harga terbaik; 
  • Perhitungkan juga biaya pemilihan kursi, bagasi, atau bahkan asuransi. Hal-hal tersebut bisa memengaruhi harga tiket yang kamu pesan.

Ternyata ada banyak hal yang harus kamu perhatikan saat memesan tiket pesawat, ya? Tapi, setidaknya kini kita jadi lebih tahu harus melakukan apa. Semoga saja deh kamu bisa mendapatkan tiket pesawat terbaik yang perlu kamu gunakan, Millens. (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT