BerandaHits
Senin, 23 Jun 2024 18:13

Asal Mula Nama Kota Batu

Sejarah nama Kota Batu, kota wisata di Jawa Timur. (Wearemania/Robert Marbun)

Jika diartikan, nama Kota Batu bermakna bebatuan. Apakah memang dari situ inspirasi namanya? Yuk simak dulu ulasan sejarah Kota Batu berikut ini.

Inibaru.id – Dari sekian banyak wilayah yang jadi jujugan wisata favorit di Jawa Timur, Kota Batu pasti masuk dalam daftar tersebut. Maklum, di sana ada banyak sekali lokasi wisata alam yang menarik di tengah suhu udara yang cukup sejuk.

Tapi, di balik kepopulerannya sebagai kota wisata, pernah terpikir nggak dengan asal mula nama Kota Batu? Apakah namanya memang terkait dengan bebatuan? Terkait dengan hal ini, kita ulas dulu yuk sejarah Kota Batu berikut ini.

Berlokasi kurang lebih 20 kilometer ke arah barat laut dari Malang, kota yang secara administratif sudah berdiri sendiri setelah terpisah dari Kabupaten Malang per 2001 ini memiliki penduduk lebih dari 221 ribu per sensus 2023. Meski secara administratif usianya nggak lama dibandingkan dengan kota atau kabupaten lain di Jawa Timur, sejarah tentang kota yang ada di ketinggian 900-an meter di atas permukaan laut (mdpl) ini jauh lebih lama dari itu, tepatnya sejak abad ke-10 alias saat Kerajaan Medang masih berjaya di Tanah Jawa.

Pada saat itu, Raja Medang Mpu Sindok memberikan titah kepada Mpu Supo untuk mendirikan tempat peristirahatan bagi keluarga kerajaan. Petinggi kerajaan tersebut kemudian menemukan lokasi yang dianggap cocok sebagai tempat peristirahatan tersebut yang dekat dengan mata air. Kini, lokasi itu lebih dikenal sebagai Songgoriti.

Meski begitu, nama Kota Batu nggak berasal dari cerita sejarah dari kerajaan tersebut. Kisah tentang penamaan wilayah ini berasal dari abad ke-19. Konon, namanya terpinspirasi dari ulama yang jadi pengikut Pangeran Diponegoro bernama Abu Ghonaim atau Kyai Gubug Angin. Dia juga dikenal dengan sebutan lain, Mbah Wastu.

Kota Batu ada di dataran tinggi sehingga suhu udaranya cenderung sejuk. (Getlost.id)

Dilansir dari buku berjudul Asal-usul Kota-kota di Indonesia Tempo Doeloe yang dibuat Zaenuddin HM, Abu Ghonaim jadi salah seorang pemimpin pasukan tatkala Diponegoro menjalankan taktik gerilya saat Perang Jawa berkecamuk dari 1825-1830.

Setelah perang tersebut berakhir dan Diponegoro tertangkap, Abu Ghonaim yang bergerilya sampai ke Gunung Panderman akhirnya memutuskan untuk menetap di lereng gunung tersebut. Di sana, dia pun berdakwah dan mampu beradaptasi dengan budaya dan kultur masyarakat setempat.

Lambat laun, warga lereng Gunung Panderman semakin akrab dengannya dan memanggilnya dengan julukannya, yaitu Mbah Wastu. Tapi, kebanyakan orang Jawa memilih untuk menyingkat namanya saat memanggil. Mbah Wastu pun berubah menjadi Mbah Tu.

Orang-orang di luar wilayah tersebut kemudian menyebut tempat di mana Mbah Tu berada sebagai Mbahtu atau Batu. Sejak saat itulah, nama Kota Batu pun terlahir.

Unik juga ya sejarah nama Kota Batu. Omong-omong, kamu sudah pernah datang ke sana belum, nih, Milens? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT