BerandaHits
Rabu, 8 Okt 2024 21:06

Apa Saja Fungsi Kerikil di Rel Kereta Api?

Fungsi tumpukan kerikil di rel kereta api. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Sering kita lihat namun jarang kita ketahui manfaatnya. Kepikiran nggak apa sih fungsi kerikil di rel kereta api? Berikut adalah fungsi-fungsi tersebut.

Inibaru.id – Ada cukup banyak jenis transportasi umum yang bisa kamu gunakan di Indonesia. Tapi, khusus untuk kereta api, baru bisa kamu temukan di Jawa, Sumatera, dan sebagian kecil Sulawesi. Di pulau-pulau itulah, kamu bisa melihat rel kereta api.

Karena bukan hal aneh melihat rel kereta api, kita seperti mengabaikan sejumlah fakta yang menarik tentang jalur kereta ini, yaitu banyaknya kerikil yang di pasang di jalur dari besi tersebut. Kepikiran nggak sebenarnya apa sih fungsi kerikil di rel kereta api itu?

Sebenarnya, tumpukan kerikil yang ada di jalur rel kereta api nggak hanya terdiri atas kerikil, ya, Millens. Di tumpukan tersebut juga ada pasir dan pecahan batu. Bahan-bahan ini kemudian ‘diikat’ dengan semen yang membuat rel kereta jadi lebih kokoh untuk dilewati kereta api yang berat dan melaju cepat.

Nah, biar nggak bingung, berikut adalah fungsi dari tumpukan kerikil di rel kereta api tersebut. Simak baik-baik, ya!

Menyerap Getaran serta Guncangan

Ternyata ada banyak fungsi tumpukan kerikil di rel kereta api. (Inibaru.id/Fitroh Nurikhsan)

Beda dengan ban kendaraan seperti bus, mobil, atau sepeda motor yang berisi angin yang cenderung lebih lunak, roda kereta terbuat dari bahan besi yang keras dan padat. Artinya, jika ada guncangan, dampaknya sangat terasa bagi orang-orang yang ada di gerbong kereta. Kalau sampai guncangannya terasa, perjalanan dengan kereta pasti nggak nyaman, bukan?

Nah, dengan memberikan tumpukan kerikil tebal di jalur rel kereta api, guncangan dan getaran selama perjalanan kereta bisa diredam dengan signifikan. Dampaknya, perjalanan kereta pun jadi nggak terlalu mengganggu, deh.

Hal ini disebabkan oleh tumpukan kerikil di rel kereta api yang cenderung berat dan bisa bikin jalur rel kereta cukup stabil dilalui kereta. Asal kamu tahu saja ya, saking berat dan kokohnya tumpukan kerikil ini, mampu menahan bobot rangkaian kereta api yang bisa menyentuh 882 ton, lo!

Mencegah Tanaman Liar Tumbuh

Tumpukan kerikil di rel kereta api bukanlah tempat ideal untuk tanaman liar tumbuh. Soalnya, kalau sampai tanaman liar bisa tumbuh di rel kereta, bisa menghambat laju kereta api atau bahkan menyebabkan kecelakaan seperti kereta anjlok.

Mencegah Erosi

Tumpukan kerikil yang memiliki celah memungkinkan air hujan bisa dengan mudah mengalir. Hal ini bisa mencegah terjadinya genangan air atau erosi pada rel kereta api. Jadi, meski melaju di kala hujan, kereta api tetap bisa beroperasi, deh.

Hm, ternyata ada banyak manfaat dari tumpukan kerikil di rel kereta api. Jadi, jangan sampai kamu rusak ya tumpukannya, Millens. Ternyata perannya memang sangat penting! (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT