BerandaHits
Selasa, 9 Sep 2024 14:00

Alasan Baseball Jadi Olahraga Paling Populer di Jepang

Baseball kerap diperlihatkan di anime sebagai olahraga yang populer di Jepang. (Pinterest/I'm Doraemon)

Di banyak film, drama, atau anime Jepang seperti Doraemon, baseball sering dimainkan anak-anak. Olahraga ini memang jadi yang paling populer di Jepang. Kok bisa begitu, ya?

Inibaru.id – Timnas sepak bola Jepang nomor 1 di Asia. Pemain-pemainnya juga banyak yang bermain di liga sepak bola terbaik di Eropa. Tapi, di balik kehebatan pelaku olahraga ini di Negeri Matahari Terbit, nyatanya sepak bola masih belum jadi olahraga paling populer di Jepang.

Kalau menurut data yang diungkap Unique Japan Tours pada 2022 lalu, bisbol masih jadi olahraga terpopuler di Jepang karena digemari 45,2 persen populasi. Angka ini sangat jauh mengungguli sumo di peringkat kedua yang digemari 27,3 persen penduduk dan sepak bola di peringkat ketiga dengan 25 persen penduduk yang menggemarinya.

Sebenarnya, kalau dicermati, di banyak anime seperti Doraemon, drama-drama Jepang, atau film Jepang, memang sering terlihat adegan anak-anak bermain baseball. Mereka melakukannya di lapangan dekat rumah, lapangan pinggir sungai, atau di sekolah. Bisa dikatakan, olahraga ini sangatlah merakyat sebagaimana bulu tangkis bagi orang Indonesia.

Tapi, mengingat baseball bukan olahraga asli Jepang, mengapa olahraga ini bisa begitu populer di sana? Terkait hal ini, yuk simak sejarah olahraga yang dikenal dengan nama lokal “Yakyuu” di Jepang ini, Millens!

Konon, olahraga ini sudah masuk ke Jepang pada Zaman Meiji, tepatnya pada 1872 lalu seiring dengan kedatangan banyak bangsa barat, khususnya dari Amerika Serikat untuk berbagai urusan, khususnya bisnis atau perdagangan. Pada zaman ini, Jepang memang mulai membuka diri dan menerima banyak pengaruh dari bangsa asing, baik itu dari sisi industri, filosofi, teknologi, dan lain-lain.

Liga baseball Jepang selalu dijejali penonton. (Japan-guide)

Tapi, kepopuleran baseball baru benar-benar melesat gara-gara tim Lou Gehrig-led All Star dari Amerika Serikat bertanding melawan 17 tim universitas dari Jepang. Banyak anak muda yang merasa olahraga ini sangat asyik untuk dilakukan. Apalagi, karakter disiplin dan kerjasama yang sangat dihargai warga Jepang sangat kentara dalam olahraga ini. Karena semakin banyak tim baseball yang terbentuk, pada Desember 1934, liga baseball profesional pertama di Jepang pun digulirkan.

Kini, liga profesional baseball Jepang dikenal dengan nama Nippon Yakyu Kiko. Sebanyak 12 tim bertanding di level tertinggi liga ini dari berbagai wilayah di Jepang. Tim-tim ini pun bertanding di stadion-stadion dengan kapasitas 30 ribuan sampai 50 ribuan yang selalu dijejali penonton. Atmosfer stadionnya juga cukup meriah layaknya stadion-stadion sepak bola.

Keberadaan liga profesional yang sudah rapi membuat timnas baseball Jepang juga berprestasi. Tim ini jadi juara bertahan World Baseball Classic yang terakhir digelar 2023 lalu. Mereka juga memenangi medali emas olimpiade sekali pada 2020.

Pantas saja ya baseball jadi olahraga paling populer di Jepang. Prestasinya sudah mendunia sehingga banyak anak-anak yang memainkannya dengan mimpi bisa jadi atlet profesional di kemudian hari. (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT