BerandaHits
Jumat, 12 Sep 2024 14:00

Ada Stasiun Bambang di Filipina!

Stasiun Bambang di Manila, Filipina. (Google Street View)

Di Ibu Kota Filipina, yaitu Kota Manila, ada Stasiun Bambang yang ada di dekat Bambang Street. Dari mana asal nama stasiun yang sangat 'Indonesia' banget ini?

Inibaru.id – Selebtwit yang kerap menyuarakan pentingnya transportasi umum dan tata kota yang lebih baik di media sosial X (dulu disebut Twitter) Adriansyah Yasin Sulaeman mengunggah 4 foto menarik dari kunjungannya di Filipina. Di ibu kota negara tersebut, Manila, ternyata ada Stasiun Bambang! Tunggu dulu, kok namanya Indonesia banget, ya?

Dalam cuitan tersebut, Adriansyah mengaku ada urusan kerjaan di Manila. Dia pun menyebut kota ini sebagai kota di ASEAN yang paling mirip dengan Jakarta, Millens.

Ada waktu luang keliling naik LRT ke Stasiun Bambang sama nyobain jalur buswaynya di EDSA,” tulisnya di akun X @adriansyahyasin.

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, Stasiun Bambang masuk dalam rangkaian stasiun Light Rail Transit (LRT), tepatnya LRT Line 1 yang masuk dalam wilayah Santa Cruz, sebuah distrik di Kota Manila. Asal kamu tahu saja, line ini sudah beroperasi sejak 1 Desember 1984. Jauh banget jarak waktunya dengan sistem LRT Jakarta yang baru mulai beroperasi sejak 1 Desember 2019.

Penampakan Kota Manila di luar Stasiun Bambang. (Google Street View)

Khusus untuk stasiun Bambang yang bisa kamu temui di 1367 Rizal Avenue, Santa Cruz, baru beroperasi pada 12 Mei 1985. Stasiun ini ada di urutan ke sembilan jika kereta LRT melaju dari Baclaran. Sementara itu, dari stasiun Fernando Poe Jr, stasiun ini ada di urutan ke-12. Stasiun ini jadi tempat turun penumpang yang pengin beraktivitas di distrik Quiapo, Santa Cruz, Sampoloc, dan Tondo.

Nggak ada kejelasan pasti mengapa nama stasiun ini diberi nama Stasiun Bambang. Tapi, jika kita menilik artinya dari Bahasa Tagalog, ‘bambang’ bermakna parit atau selokan. Ada kemungkinan di daerah tersebut dulu ada sistem parit atau selokan yang penting bagi Kota Manila. Artinya, nggak ada kaitan sama sekali dengan nama Bambang yang kerap dipakai masyarakat di Indonesia.

Apalagi, di daerah lain di Filipina, tepatnya di Provinsi Nueva Viscaya yang berjarak 250 kilometer di utara Manila, juga ada Kota Bambang. Kota kecil ini memiliki penduduk sekitar 55 ribu jiwa. Itu berarti, bukan hal aneh melihat suatu wilayah di Filipina memakai nama ini.

Tapi, bagi orang Indonesia, nama Stasiun Bambang tentu sangat menarik karena sering kita lihat atau dengar di Tanah Air. Jadi, kalau kamu kebetulan sedang main ke Manila, nggak ada salahnya ke sana untuk mengabadikan stasiun tersebut secara langsung. (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT