BerandaHits
Sabtu, 5 Apr 2024 10:47

Ada Posko Patlabor di Alun-Alun Purwodadi, Masyarakat Bebas Berfoto

Posko Patlabor bisa kamu jumpai di Alun-Alun Purwodadi selama momentum mudik Lebaran. (Pikiran Rakyat Jateng/Hana Ratri)

Jika sedang melintasi Alun-Alun Purwodadi, nggak ada salahnya kamu mampir sejenak ke Posko Patlabor. Selain bisa berfoto dengan dekorasi ala Patlabor, kamu juga bisa melihat isi museum dan berinteraksi dengan para polisi yang bertugas.

Inibaru.id - Mungkin anak-anak zaman sekarang masih asing dengan Patlabor. Cerita manga dan anime karya Headgear tentang kehidupan polisi itu terkenal di dekade 80-an hingga awal 2000. Salah satu ikon yang melegenda tentu saja robot polisi Patlabor.

Siapa sangka kita bisa sedikit mengobati rindu dengan sosok Patlabor di Alun-Alun Simpang Lima Purwodadi, Millens. Kenapa? Karena di sana ada Posko Terpadu Sinergitas TNI-Polri yang mengusung tema Patlabor.

Posko Patlabor yang didirikan oleh Sat Lantas Polres Grobogan ini dilengkapi dengan wisata edukasi. Selain menampilkan tokoh robot Patlabor beserta diorama perkotaan di masa depan, ada berbagai macam ornamen kepolisian yang dipamerkan di dalam posko tersebut.

Yang membawahi Posko Patlabor, Ipda Sandi Widianto menjelaskan ide tentang Patlabor untuk Posko Terpadu Sinergitas TNI-Polri selama Operasi Ketupat Candi tahun 2024 mulai muncul pada satu bulan yang lalu.

Nggak hanya berfungsi untuk para polisi yang betugas menjaga keamanan mudik Lebaran, Posko Patlabor ini terbuka untuk umum, lo. Kamu bisa datang ke sana mulai 4 hingga 12 April 2024. Ada apa saja di sana?

“Selain berswafoto dengan latar belakang robot Patlabor, kami juga menyiapkan wisata edukasi untuk masyarakat, terutama anak-anak. Di dalam museum edukasi ini, ada banyak hal yang kami kenalkan, seperti tokoh-tokoh yang pernah menjabat sebagai Kapolri. Ada juga peralatan kepolisian dari dulu sampai sekarang. Jadi masyarakat atau pemudik yang melintas bisa beristirahat sekaligus mengetahui isi dalam museum edukasi ini,” ujar Ipda Sandi Widianto, dikutip dari Pikiran Rakyat (4/4/2024).

Lebih Dekat dengan Masyarakat

Selain bisa berfoto dengan robot Patlabor, masyarakat juga bisa mengenal peralatan yang dipakai polisi untuk bekerja. (Media Purwodadi/Agung Tri)

Tahun lalu, Posko untuk Operasi Ketupat Candi Sat Lantas Polres Grobogan mengangkat tema Pororo. Namun, kala itu masyarakat nggak bisa bebas berfoto sampai ke dalam ruangan .

"Sekarang, Posko Patlabor kami buat sampai ke dalam. Untuk personel yang bertugas, ada ada posko tersendiri. Masyarakat bisa menikmati posko sambil beristirahat sejenak," tambah Sandi.

Pengalaman masuk museum yang ada di Operasi Ketupat Candi 2024 sembari bernostalgia dengan gambar robot Patlabor ini nggak dipungut biaya sama sekali, lo. Ini merupakan upaya kepolisian mendekatkan diri pada masyarakat dan bisa berinteraksi langsung selama momentum mudik tahun ini.

Wah, idenya patut kita apresiasi ya, Millens? Dengan adanya Posko Patlabor tentu saja memberikan hiburan tersendiri bagi orang-orang yang sedang menempuh perjalanan ke kampung halaman. Semoga hal ini bisa memberikan hiburan bagi masyarakat Purwodadi dan sekitarnya. (Siti Khatijah/E07)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT