BerandaAdventurial
Senin, 10 Sep 2023 17:00

Uniknya Kali Odo, Pada Musim Kemarau Debit Airnya Malah Lebih Banyak

Sumber Mas Kali Odo. (Kompasiana/Bhairava Anoraga)

Pengin bermain air di tempat wisata alam yang murah meriah dengan pemandangan alam yang masih asri? Datang saja ke Sumber Mas Kali Odo di Kabupaten Semarang, Millens.

Inibaru.id – Kebanyakan sungai akan menurun debit airnya saat musim kemarau, ya? Tapi, hal ini nggak berlaku untuk Kali Odo. Di sungai ini, saat musim kemarau, debit airnya malah meningkat. Sebaliknya, saat musim hujan tiba, debit airnya malah menurun. Kok bisa?

Omong-omong, Sumber Mas Kali Odo adalah sebuah tempat wisata alam yang cukup populer di Desa Gedangan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Kalau dari pusat kota Ungaran, jaraknya sekitar 30 kilometer, Millens. Tempat wisata ini memang lebih dekat lokasinya dengan Kota Salatiga.

Salah seorang petugas yang mengelola Kali Odo, Hartono, menyebut adanya cerita leluhur yang menjelaskan tentang debit air sungai tersebut.

“Kalau di masa lalu, ada leluhur yang memohon kalau musim hujan sebaiknya sungainya kering sehingga bisa menampung air hujan,” cerita Hartono sebagaimana dilansir dari Kompas, Minggu (25/6/2023).

Dia juga mengungkap bahwa sumber air dari tempat wisata ini ada tujuh. Awalnya, sumber air ini dipakai untuk kebutuhan warga sekitar seperti air minum atau kebutuhan rumah tangga lainnya. Namun, karena kini masyarakat sudah mendapatkan akses air PDAM, kini sumber airnya hanya dipakai untuk kebutuhan wisata saja.

Pengunjung bermain air di Sumber Mas Kali Odo. (Googlestreetview/Aura Channel)

“Pihak pemerintah desa memutuskan untuk memanfaatkan aliran sungai yang jernih ini sebagai spot bagi wisatawan berenang atau bermain air. Sejak 2018, pengelolaannya juga jauh lebih baik dan jadi andalan bagi Desa Gedangan,” lanjut Hartono.

Kalau kamu pengin bermain di sini, bisa lo datang pada pagi atau sore hari saat suhu udara dan sinar matahari nggak terlalu menyengat. Tapi, kalau kamu datang pada akhir pekan, sebaiknya hindari sore hari karena biasanya pada saat itulah, tempat wisata ini sangat ramai.

O ya, selain main air, kamu juga bisa lo makan di warung-warung yang ada di sekitar sungai. Kalau kamu datang rombongan atau bersama keluarga, juga bisa lo bersantai di sana sembari menikmati pemandangan alam yang masih asri.

Yang menarik, kamu nggak akan ditarik tiket masuk lo kalau pengin main ke sini. Jadi, kamu tinggal mempersiapkan uang untuk membayar parkir kendaraan, persewaan ban atau peralatan bermain air lainnya, serta biaya makan di warung. Duh, terjangkau banget, ya?

Jadi, kapan nih kita main air di Sumber Mas Kali Odo, Millens? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT